Tangani Stunting, Dewan: Pemkab Mura Minta Bantuan Dana Provinsi

806
Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Siswandi saat melakukan reses beberapa waktu lalu di Kabupaten Murung Raya

, – Wakil Ketua Komisi III , Siswandi menyampaikan aspirasi dari Pemerintah Kabupaten Murung Raya saat pihaknya melakukan beberapa waktu lalu.

Siswandi mengatakan, meminta dukungan dan bantuan dana dari Pemerintah Provinsi Kalteng dalam di Murung Raya, serta juga catatan terkait faktor penyebab tingginya angka stunting di Kabupaten tersebut.

“Ada beberapa aspirasi dari Pemerintah Kabupaten Murung Raya kepada kita saat menggelar kunjungan kerja, yakni Pemkab memohon bantuan dari Pemerintah Provinsi dalam penanganan stunting,” ucapnya, Selasa (13/6/2023).

Dijelaskan Siswandi, berdasarkan data nasional, angka stunting di Kalteng mencapai 40 persen, dan Kabupaten tertinggi adalah Murung Raya.

“Paling tinggi di Murung Raya. Ada beberapa faktor penyebab tingginya angka tersebut. Saat ini, hal tersebut terus kita pantau dan mencari informasi akurat penyebab minimnya hasil dalam penurunan angkat stunting,” ujar Siswandi.

Dari beberapa pantauan dan kajian, ia membeberkan tingginya angka stunting di Kabupaten Murung Raya, ternyata ada di tingkatan Kabupaten dan jua Kecamatan. Sedangkan penduduk yang tinggal di daerah pedesaan belum terdata dengan baik.

“Memang data tersebut dipengaruhi banyak faktor. Kita juga memantau dan informasi kenapa angka stunting tinggi tersebut tinggi. Kita melihat stunting itu adalah bagaimana mencegah pertubuhan anak agar tidak kerdil dan dapat tumbuh dengan sehat. Tentu dengan asupan dan pola hidup yang baik. Tentu kita ingin anak anak yang masa pertumbuhan, dapat berkembang dengan sehat,” tandasnya. (asp)