BBPOM Palangka Raya Tingkatkan Peran Masyarakat Dalam Awasi Makanan

605

, – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan () di Palangka Raya melaksanakan kegiatan Bimtek Kader Keamanan Desa yang dilaksanakan tanggal 14 dan15 Juni 2023, yang bertempat di Gedung Balai Antang pada 14-15 Juni 2023.

Program Desa Aman tersebut dilakukan guna peningkatan kemandirian masyarakat dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman sampai tingkat perseorangan.

Ketua Tim Kinerja Informasi dan Komunikasi BBPOM di Palangka Raya, Wiwik Wiranti menyampaikan, program kader keamanan pangan bertujuan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman.

“Salah satu strategi untuk mencapai tujuan dengan memperkuat SDM yang ada di desa, komunitas atau masyarakat melalui pelatihan kader keamanan pangan di komunitasnya,” ucapnya, Rabu (14/6/2023).

Lanjut Wiwik, Bimtek kader keamanan pangan ini bertujuan meningkatkan peran serta berbagai pihak dalam pengawasan makanan yang beredar di masyarakat.

“Pelatihan untuk kader ini penting dilakukan agar kader tersebut dapat mendampingi komunitas desanya dalam menerapkan prinsip keamanan pangan serta dapat melakukan pengawasan sehingga tidak terjadi penyimpangan,” imbuhnya.

Kegiatan ini ikuti oleh kurang lebih 50 orang, yang berasal dari 3 wilayah Kelurahan meliputi 15 Orang, 15 Orang, Desa Trahean 15 0rang, Kader Dinas 5 orang, Kader Karang Taruna 5 0rang, Kader PKK setiap Kelurahan 5 Orang dan Kader guru 5 orang. (asp)