BNF Gelar Rainforest Festival, Kenalkan 3 Tipe Hutan Kalteng

D82D005E 85A6 406F B02C E6BC35F09AF6

, PALANGKA RAYABorneo Nature Foundation () menggelar Rainforest Festival tahun 2023 dengan memperkenalkan tipe tiga hutan yang ada di Kalimantan Tengah (), yang digelar di Aula Bapelkes, Palangka Raya.

Kegiatan ini digelar pada 21-25 Juni 2023, dan dibuka secara langsung oleh Walikota Palangka Raya melalui Kepala Dinas Hidup Kota Palangka Raya, Ahmad di Halaman Bapelkes Kalteng, Rabu (21/6/2023).
PAN
Di dalam sambutannya, Ahmad Zaini mengatakan, bahwa pihak mewakili Pemko Palangka Raya menyambut baik Rainforest Festival yang digelar oleh BNF Indonesia tersebut.

Kegiatan ini ingin mengedukasi masyarakat untuk bisa mengenal tiga tipe hutan di Kalteng, yakni Hutan Rawa , Kerangas dan Hutan Dataran Tinggi,” ucapnya.

Zaini menambahkan, tiga tipe hutan tersebut merupakan hutan yang penting di Kalimantan. Karena tidak seluruh daerah memiliki hutan hujan tropis, terlebih hutan gambut yang dinilai memiliki potensi besar dalam kehidupan.

Sementara itu, Ketua Yayasan Borneo Nature Indonesia melalui Kepala Operasional, Tjatur Setiyo Basuki menambahkan, bahwa pihaknya menyediakan wahana yang menggambarkan kondisi tipe tiga hutan yang ada di Kalteng tersebut secara gratis.

Kami menyediakan wahana yang menggambarkan kondisi tiga tipe hutan yang dapat dikunjungi oleh masyarakat secara gratis. Walaupun secara tampilan tidak sampai 10 persen dari hutan yang sesungguhnya. Tetapi paling tidak, ada edukasi awal bagi siswa dan mahasiswa,” ujarnya.

Tjatur berharap, kegiatan Rainforest Festival ini dapat membangun kesadaran bagi seluruh pihak, terutama para siswa dan mahasiswa untuk paham tentang hutan, baik itu manfaatnya maupun ancamannya.

Karena kan mereka siswa dan mahasiswa ini pengambil keputusan di masa depan. Penting untuk memahami segala yang berkaitan dengan hutan, karena kalau mereka tidak paham pada saat mereka menjadi pengambil keputusan, itu bisa menjadi persoalan,” tandasnya.

Diketahui, Rainforest Festival adalah perayaan untuk Hari Hutan Hujan Sedunia atau Rainforest Day setiap tanggal 22 Juni. Rainforest Festival 2023 dengan tema Jelajah Hutan Hujan adalah kali kedua diadakan oleh BNF Indonesia.

Rainforest Festival berangkat dari Rainforest Live, yaitu suatu event online yang diinisiasi BNF pada tahun 2014 diikuti oleh lembaga konservasi dari berbagai negara, untuk berbagi gambaran sekilas tentang bagaimana rasanya, menjelajahi hutan hujan dengan menggunakan #RainforestLive.

Dengan Tujuan untuk mengenalkan tiga tipe hutan di Kalimantan Tengah, memberikan Pengalaman masuk ke dalam hutan,memberikan kesadaran public tentang berbagai ancaman yang dihadapi Hutan Hujan Kalimantan dan tentang pentingnya mencegah Karhutla di Kalimantan Tengah, dan menjaga hutan Kalimantan. (asp)