Dinas PMD Kalteng Serahkan Hadiah Kepada Desa dan BUMDes Terbaik

IMG 20230819 WA0005

, – Pemprov melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menyerahkan hadiah kepada Pemenang Lomba Desa/Kelurahan (Lomdeskel) dan terbaik tingkat Provinsi Tahun 2023 bertempat di Aula Lewu Pancasila Dinas PMD, Kamis (17/8/2023).

Kepala Dinas PMD Kalteng, H. Aryawan mengatakan penilaian lomba telah dilaksanakan sejak bulan Februari 2023. Baik itu penilaian lomba Desa dan Kelurahan kategori regional, lomba desa kategori wilayah, dan BUMDes terbaik tingkat Provinsi Kalteng.

“Hadiah yang diberikan berupa uang tunai sesuai dengan peringkatnya, yaitu Juara I hingga Juara Harapan III. Untuk juara I Lomdeskel memperoleh hadiah sejumlah Rp120 juta, sedangkan Juara I BUMDes mendapatkan Rp50 juta,” bebernya.

Lanjut Aryawan, bahwa hadiah bagi para pemenang merupakan motivasi untuk pengembangan desa, untuk itu ia berharap Desa/Kelurahan dan BUMDes yang menjadi juara agar terus meningkatkan perkembangan wilayah dan usaha desanya.

“Saya juga mengharapkan, desa-desa untuk dapat terus berinovasi. Kemudian kepada BUMDes yang belum aktif dalam menjalankan usaha, dengan adanya perlombaan ini tentunya bisa melakukan evaluasi dan mulai bergerak membantu perekonomian desa kedepan,” harapnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat () Setda Provinsi Kalteng, H. Kaspinor yang hadir mewakili Kalteng, mengungkapkan lomba Desa/Kelurahan dan BUMDes diadakan dengan tujuan mendorong perkembangan lembaga desa.

Perlombaan ini, sambung Kaspinor untuk memotivasi serta memunculkan semangat kompetitif di antara desa-desa dalam berkompetisi dan bersaing.

“Kami berharap bahwa melalui kompetisi ini, akan terjadi peningkatan dalam manajemen desa serta pertumbuhan ,” ungkapnya.

Selanjutnya, Kaspinor menuturkan bahwa dalam upaya memajukan desa, langkah yang bisa diambil adalah bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi dan melibatkan usaha-usaha serta perusahaan-perusahaan besar yang beroperasi di wilayah desa.

“Kami mengajak seluruh aparatur dan masyarakat desa untuk merangkul peluang ini, bekerjasama dengan perguruan tinggi, para pengusaha, investor, serta dan BUMDes adalah langkah menuju penguatan desa yang berkelanjutan,” tandasnya. (asp)