Taekwondo Persembahkan Medali Pertama Kalteng di Popnas XVI

WhatsApp Image 2023 08 29 at 9.33.02 AM (1)

, – Cabang (cabor) berhasil mempersembahkan medali perunggu pertama untuk Kalimantan Tengah, pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XVI Tahun 2023, di Stadion UIN Raden Patah Palembang.

Kepala Bidang Peningkatan Olahraga Prestasi Dispora Provinsi selaku Sekretaris Kontingen Popnas Kalteng Adi Nur Fajar menjelaskan, persiapan untuk Popnas kali ini telah dipersiapkan secara maksimal sejak kompetisi Popprov di tahun 2022 dan saat mengikuti Pra Popnas di Banjarmasin tahun 2022 yang lalu, serta beberapa kejuaran dari PPLP yang juga telah diikuti.

“Persiapan kita melalui ajang-ajang tersebut, sehingga atlet-atlet yang berprestasi sudah terseleksi, dan kita berharap pada event Popnas di Palembang ini akan memperoleh prestasi yang terbaik di kompetisi tingkat pelajar nasional ini,” ucapnya, Senin (28/8/2023).

Ia berharap, bisa berprestasi sebanyak-banyaknya, dengan target minimal bisa meraih satu atau dua medali emas.

Diketahui, Cabor Taekwondo berlangsung di Stadion UIN Raden Patah Palembang, hari Senin (28/8/2023) tersebut, Kalteng menurunkan dua orang atlet, yakni Ahmad Faidhar kelas U 45 Kg putra dan Rayinda Syah Alexandra kelas U 44 Kg putri.

Pada pertandingan ini Rayinda Syah Alexandra berhasil menyumbangkan medali perunggu setelah disemifinal mengakui keunggulan Sarah A dari Jawa Barat secara dramatis 2-1. Sedangkan Ahmad Faidhar harus kalah di perempat final saat berhadapan dengan Atlet Sulawesi Tenggara dengan 2-0.

Taekwondo pada Selasa (29/8/2023) masih akan bertandingkan 3 atlet Kalteng, yaitu Luci F kelas U 46 kg putri, Tasya Tirta Amanda kelas U 52 kg putri dan Davhisa A Poomsae Single putri.

Pelatih , Novi Iskandarsyah mengatakan, cukup puas dengan keberhasilan atlet Kalteng meraih medali perunggu, karena dari sisi prestasi kita baru kali ini bisa mengimbangi Jawa Barat, walaupun tidak kalah telak karena beberapa pelanggaran yang dilakukan.

“Pada saat ronde ketiga dari poinnya atlet Kalteng sudah unggul, tetapi karena banyak pelangaran-pelanggaran yang terjadi dan hukuman yang diberikan wasit untuk atlet Kalteng yang sangat merugikan, maka terjadi kekalahan yang dramatis,” ujarnya.

Ia berharap untuk pertandingan berikut atlet Kalteng dapat lebih beruntung dan tampil maksimal.

“Untuk pertandingan berikutnya, kita berharap atlet Kalteng lebih beruntung lagi dan tetap tampil maksimal, karena siap atlet mempunyai peluang yang sama, asal keputusan wasitnya tidak merugikan untuk atlet kita,” pungkasnya. (asp)