Tekan Inflasi, Pemprov Kalteng Gelar Pasar Penyeimbang di Pulpis

Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran

, PALANGKA RAYA melaksanakan pasar penyeimbang, di Kantor Camat Jabiren dan di Stadion HM Sanusi, Kabupaten Pulang Pisau, Jum’at (26/1/2024).

Pada Pasar Penyeimbang di Kantor Camat Jabiran, Pemprov menyediakan 2000 paket sembako, sedangka di depan Stadion HM Sanusi disediakan 4000 paket sembako. Dengan nilai Rp150.000 per paket.

Paket sembako tersebut, disubsidi Pemerintah Provinsi sebesar Rp130.000 dan disubsidi lagi oleh sebesar 20 ribu rupiah, sehingga paket sembako tersebut digratiskan untuk masyarakat.

Pada Pasar Penyeimbang di Kabupaten Pulang Pisau ini berisikan beras 5 kg, gula pasir 1 kg, minyak goreng 1 liter, sarden 1 kaleng, dan mie instan 2 bungkus.

Kegiatan Pasar Penyeimbang ini dilaksanakan untuk menjaga stabilisasi harga kebutuhan pokok masyarakat yang ada di Kabupaten Pulang Pisau.

Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran mengatakan, pasar penyeimbang ini dilaksanakan untuk menjaga stabilisasi harga kebutuhan pokok masyarakat, dan diharapkan bisa mengurangi beban masyarakat setempat dalam menghadapi inflasi yang terjadi.

“Kita juga berharap masyarakat Pulang Pisau bisa hidup rukun, damai, dan kompak,” ucap Gubernur yang turut hadir didampingi oleh Wakil Gubernur Kalteng, H. beserta jajaran.

Gubernur menambahkan, kegiatan Pasar Penyeimbang ini sudah dilaksanakan untuk kesekian kalinya.

“Mulai dari beberapa kecamatan di Kotawaringin Timur, dan tadi juga sudah dilaksanakan di Jabiren Raya, besok di , dan besoknya lagi akan ke wilayah timur, daerah Barito, dan berakhir di Kota Palangka Raya,” jelasnya.

Gubernur berpesan kepada masyarakat yang hadir untuk menjaga pembangunan daerah yang telah dilakukan oleh Gubernur dan Pj Bupati beserta jajaran, agar bisa berkembang dan tahan lama.

“Kita harapkan dengan adanya Pasar Penyeimbang ini, harga kebutuhan pokok bisa terjamin dan inflasi Kalteng terkendali,” pungkasnya.

Pada tempat yang sama, Ketua TP PKK Provinsi Kalteng sekaligus Kalteng, Ivo Sugianto Sabran berharap kegiatan Pasar Penyeimbang ini bisa mempererat tali silaturahmi antara Gubernur beserta jajaran dan masyarakat Kabupaten Pulang Pisau.

Selain itu, Ivo mengingatkan kepada ibu-ibu yang hadir mengenai pentingnya memberikan kepada anak guna mencegah stunting.

“Saya juga minta kepada Perangkat Daerah Kabupaten terkait, agar Posyandu di sini selalu aktif, dalam rangka mewujudkan generasi sehat dan unggul,” ungkapnya. (asp)