Isra Mi’raj dan Haul Sekumpul, Ribuan Jamaah Padati Mesjid Agung Kecubung

, – Ribuan jamaah memadati rumah Masjid Agung Kubah Kecubung Palangka Raya dalam rangka memperingati Nabi Muhammad SAW dan Aruh Ganal ke-19, Jumat (9/2/2024) malam.

Acara ini sukses digelar oleh panitia dan juga pengurus Masjid Kubah Kecubung Palangka Raya. Dimana, Ketua Panitia yang juga Sekda Provinsi , H. berencana menggelar kegiatan serupa pada tahun yang akan datang.

Bahkan juga, secara khusus telah mengkomunikasikan dengan Guru Sa’dudin terkait penjadwalan kegiatan Haul ke-20 Abah Guru Sekumpul di Palangka Raya.

“Kami sudah komunikasikan untuk rencana kembali menggelar kegiatan serupa tahun depan. Insya Allah Guru Sa’dudin menyatakan siap kembali hadir ke Palangka Raya,” kata Nuryakin.

Tidak hanya itu, Imam rawatib Musholla Ar-Raudhah Sekumpul, Martapura ini juga menyarankan agar waktu kegiatan pada malam Sabtu atau malam Ahad.

Tingginya antusias jamaah yang datang dan memenuhi ruang induk Masjid Agung Kubah Kecubung Palangka Raya menjadi salah satu indikator keberhasilan kegiatan.

“Mengingat kapasitas masjid, jumlah jamaah yang hadir diperkirakan mencapai 9 ribuan. Ini termasuk juga jamaah perempuan yang berada di balkon serta bagian kiri dan kanan sayap masjid,” bebernya.

Pada kegiatan Aruh Ganal, Tuan Guru H Sa’dudin Salman yang langsung bertindak sebagai imam Salat Magrib dan Isya. Imam rawatib Musala Ar-Raudhah Sekumpul itu juga memimpin pembacaan Maulid Simtuddurror dan manakib Abah Guru Sekumpul.

Kesyahduan juga dirasakan pada saat pembacaan syair qasidah yang diiringi oleh kelompok Habsyi Annazar Group Palangka Raya.

Nuryakin menyatakan ungkapan rasa terima kasihnya kepada seluruh panitia, takmir Masjid Agung Kubah Kecubung, para relawan, serta dermawan yang telah berkontribusi demi suksesnya kegiatan.

“Semua telah bahu membahu dalam tugas sesuai kapasitas dan kemampuannya. Termasuk juga ucapan terima kasih kepada para donator dari berbagai kelompok pengajian maupun perorangan yang terpanggil untuk berkontribusi dengan menyediakan konsumsi jamaah,” tandasnya. (asp)