Wiyatno Daftarkan Diri Sebagai Calon Bupati Kapuas ke PDIP Kalteng

Ketua DPRD Kalteng yang juga Bendahara DPD PDIP Kalteng, Wiyatno (baju merah) saat menyerahkan berkas pendaftaran sebagai calon Bupati Kapuas dan diterima oleh Sekretaris DPD PDIP Kalteng, Sigit K Yunianto

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA secara resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon (Bacalon) ke DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kalimantan Tengah () pada Pilkada Serentak 2024, Selasa (16/4/2024).

Berkas pendaftaran Wiyatno diterima langsung oleh Sekretaris DPD PDI Perjuangan, Sigit K Yunianto beserta tim di kantor Sekretariat DPD , Jalan Soekarno, Kota Palangka Raya.

Usai menyerahkan berkas, Wiyatno menyampaikan alasannya ingin maju di Pilkada sebagai calon Bupati Kapuas. Selain sebagai daerah pemilihannya pada pemilihan legislatif (pileg) 14 Februari 2024 kemarin, Wiyatno mengatakan, ingin membangun daerah asalnya.

“Intinya saya ingin membangun daerahlah. Ingin berbuat terbaik untuk masyarakat Kapuas, karena kebetulan saya latar belakang sarjana pertanian, saya juga latar belakang transmigran, kebetulan juga Kapuas masuk daerah , jadi saya ingin mengabdikan diri disana,” ucapnya.

Pria yang menjabat sebagai Ketua saat ini mengakui, sudah ada komunikasi dengan beberapa partai politik untuk berkoalisi mengusung dirinya sebagai calon bupati kapuas.

Diketahui, PDIP pada pileg 14 Februari kemarin mendapatkan 7 kursi untuk , sehingga perlu koalisi dengan partai lain. Selain itu, pada Pileg ini juga Wiyatno berhasil memperoleh suara 26 ribu lebih di dapil Kapuas dan Pulang Pisau.

“Kita DPD PDI Perjuangan Kapuas memperoleh 7 kursi, sehingga kurang 1 kursi. Sebab, perolehan suara atau kursi minimal 20 persen untuk dapat mengusung sendiri. Namun demikian, kita sudah lakukan komunikasi dengan partai lain,” ujarnya.

Wiyanto memastikan, tambahan kursi tersebut telah siap, hanya saja perlu dikomunikasikan lebih dalam, sehingga tercipta koalisi yang solid.

“Insya Allah 17 kursi sudah siap. Kita 7 kursi dan ada tambahan dari partai lain 4 dan 6 Kursi. Untuk partainya nanti kita sampaikan, setelah rekomendasi keluar,” tambahnya.

Selain itu, beberapa nama wakil yang mendampingi Wiyatno juga telah dibicarakan. Selanjutnya tinggal pemantapan dengan internal partai dan partai koalisi.

“Kita berdoa, semoga semua dimudahkan dan jalannya dimuluskan, sehingga apa yang menjadi cita-cita dapat terwujud dan visi misi kami dapat terlaksanakan untuk membangun Kapuas yang lebih baik dan lebih berkah,” tegasnya.

Sekretaris , Sigit Karyawan Yunianto, menyambut baik langkah Wiyatno dalam mendaftarkan diri sebagai calon Bupati.

“Wiyatno merupakan kader PDIP Kalteng yang berani maju sebagai bakal calon kepala daerah. Keputusan mereka untuk mendaftar sebagai calon Bupati menunjukkan komitmen dan dedikasi mereka terhadap partai dan keinginan untuk membangun daerah masing-masing,” katanya. (asp)