Pemprov Kalteng Gelar Raker Penyelenggaraan Pemerintahan Desa

Foto bersama Sekda Kalteng, Nuryakin dengan jajaran Dinas PMD Provinsi Kalteng dan seluruh kepala desa se-Kalteng

, PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah () menggelar Rapat Kerja (Raker) Penyelenggaraan Desa Tahun 2024, di Kalawa Convention Centre, Palangka Raya, Senin (20/5/2024).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kalteng, melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng, .

Saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng, Sekda mengatakan, sesuai dengan amanat Undang-Undang Desa Nomor 3 Tahun 2024, peningkatan masyarakat dan desa dapat dilakukan secara profesional, melalui pengelolaan Badan Usaha Milik Desa () untuk mendapatkan keuntungan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Sekda, peran Pemerintah Desa sangat dibutuhkan untuk memantau keadaan setiap daerah dan memfasilitasinya dengan melibatkan masyarakat dalam mengelola dan mengawasi kebijakan yang telah dibuat oleh Pemerintah Desa.

“Agar sumber daya ekonomi masyarakat desa dapat berkembang,” ungkapnya.

Sekda berharap, melalui forum strategis ini muncul komunikasi aktif antara peserta dengan narasumber sehingga menghasilkan gagasan kreatif dan langkah strategis.

“Yang nantinya dapat diimplementasikan untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik guna mewujudkan desa yang mandiri, maju, makmur, dan sejahtera,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalteng, Aryawan menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk membangun komitmen bersama Kepala Desa dalam hal peningkatan ekonomi masyarakat dan desa.

“Serta penguatan peran Pemerintah Desa dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat dan desa melalui kebijakan prioritas program/kegiatan,” imbuhnya. (asp)