Gandeng Damkar, Rutan Palangka Raya Latihan Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran

Karutan Bambang Widianto ketika mempraktikkan cara memadamkan api dalam pelatihan.

, – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palangka Raya menyelenggarakan Pelatihan dan Simulasi Pencegahan serta Penanggulangan bagi pegawai dengan menggandeng Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palangka Raya, Sabtu (8/6/2024).

Bertempat di Aula Dr. Sahardjo , pelatihan diawali dengan pemberian materi oleh Adrianson, Kepala Bidang Pencegahan tentang hal-hal dasar dalam menanggulangi kebakaran mulai dari skala kecil sampai dengan besar. Selain itu juga dilakukan pengenalan terhadap alat-alat yang dapat digunakan untuk memadamkan api apabila terjadi kebakaran.

Setelah pemberian materi, kegiatan pelatihan dilanjutkan dengan simulasi penanggulangan kebakaran yang dipraktikan oleh Pegawai Rutan dengan didampingi secara langsung oleh Petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

Kepala Palangka Raya, Bambang Widiyanto mengatakan Pelatihan yang diselenggarakan pada hari ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi Pegawai Rutan di dalam melakukan penanggulangan kebakaran.

“Memang kegiatan ini kita selenggarakan khusus dengan menggandeng Dinas Pemadam Kebakaran secara langsung. Tadi selain pemberian materi, para Pegawai juga melakukan simulasi secara langsung dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran,” ucap Bambang Widiyanto.

Lebih lanjut, Bambang Widiyanto berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan tambahan ilmu pengetahuan yang berguna nantinya.

“Tentunya dengan berbagai ilmu pengetahuan dan praktik secara langsung tadi, kita berharap pelatihan ini dapat benar-benar berguna dan bermanfaat,” pungkasnya. (yud)