Demo di Kantor Sendiri, Kader Gerindra Kalteng Minta Calon Kepala Daerah dari Internal Partai

, PALANGKA RAYA – Sejumlah kader DPD Partai Gerindra Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) bersama simpatisan melakukan aksi di Halaman Kantor mereka sendiri, di Jalan Sethadji Palangka Raya, Sabtu (27/7/2024).

Koordinor aksi, Christian Sancho, menyampaikan kedatangan mereka ke Kantor DPD Gerindra Kalteng dalam rangka menyikapi sejumlah keresahan menjelang pelaksanaan Pilkada serentak di Kalteng.

“Salah satu poin penting penyampaian aspirasi kami harapannya agar kader Gerindra (internal partai) dapat diusung dalam Pilkada Provinsi, kabupaten kota di Kalteng,” ucap Sancho.

Ketua Gekira Kalteng ini berharap aspirasi yang mereka sampaikan tersebut agar dapat diterima oleh DPD kemudian agar dapat ditindaklanjuti oleh pihak dari DPP.

Adapun hal lainnya yang menjadi perhatian, adalah tentang calon Kepala Daerah yang diusung oleh partai Gerindra. Mereka menilai bahwa, kader Gerindra dan juga putra daerah harus diprioritaskan sebagai calon yang diusung, baik itu Pilkada tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota.

“Kita optimis aspirasi ini akan sampai dan didengar oleh DPP, pun misalnya nanti ternyata tidak mereka tindak lanjuti maka kita akan bikin aksi yang lebih besar lagi,” tegas Sancho.

Hal senada diungkapkan oleh kader partai Gerindra Kalteng lainnya, yakni Yuandrias yang juga sebelumnya telah mendaftarkan diri sebagai bakal calon kepada daerah di Kalteng.

Ia menilai bahwa aspirasi yang mereka sampaikan pada dasarnya tidak aneh. Sesuai dengan apa yang disampaikan oleh DPP, bahwa mengutamakan kader Gerindra untuk maju dalam Pilkada serentak mendatang.

“Kenyataannya hari ini yang dicalonkan pada Pilkada Kalteng justru bukan dari kader Gerindra. Sehingga apa yang menjadi statement dari DPP itu yang kita minta. Terlebih pada Pilpres lalu, Provinsi Kalteng posisi ketiga nasional perolehan suara ,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya, DPP Partai Gerindra telah mengusung dan Edy Pratowo sebagai bakal calon dan Wakil Gubernur Kalteng pada Pilkada 2024, yang diumumkan oleh Sekretaris Jenderal Gerindra, Ahmad Muzani, Senin (22/7/2024).

Ketua Tim Penjaringan Pilkada Partai Gerindra Kalteng, Endang Susilawatie, usai aksi menjelaskan bahwa pendaftaran calon gubernur, wakil gubernur, bupati, dan wali kota di Kalteng telah dibuka secara umum.

“Tuntutan dari beberapa kader adalah hal yang biasa dalam politik dan akan kami sampaikan ke DPP Partai Gerindra,” katanya.

Endang menegaskan bahwa pihaknya akan patuh terhadap keputusan DPP.

“Kami menyerahkan keputusan ini kepada DPP Partai Gerindra dan akan tunduk pada apapun yang menjadi keputusan DPP,” demikian Endang. (asp)