Zero Halinar, Blok Hunian Rutan Palangka Raya Digeledah Tim Gabungan

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Dalam upaya mewujudkan komitmen Zero Handphone, Pungli dan Narkoba (Halinar), Tim gabungan dari jajaran Kementerian dan HAM (Kemenkumham) Kanwil , TNI-, dan Badan Nasional Provinsi () Kalteng menggelar razia di sejumlah empat blok hunian di Palangka Raya, Selasa (20/8/2024) malam.

Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Pengayoman ke-79 dengan menggencarkan razia guna menciptakan situasi keamanan dan ketertiban (Kamtib) yang kondusif di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) , Tri Saptono Sambudji, mengatakan bahwa kegiatan penggeledahan tersebut dilakukan dalam upaya mencegah masuknya barang-barang yang dilarang.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut merupakan wujud sinergitas antar aparat penegak hukum (APH) melalui kolaborasi yang terjalin pada pelaksanaan penggeledahan.

“Proses pelaksanaan razia berjalan dengan lancar, dengan barang-barang yang ditemukan diantaranya, senjata tajam () berupa kater, empat handphone rusak yang nantinya akan diselidiki dari mana asalnya, dan barang-barang terlarang lainnya,” katanya.

Diungkapkan, kegiatan penggeledahan akan dilakukan secara rutin pada seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rutan se-Kalteng. Selain itu pada pelaksanaannya, turut dilakukan tes urine terhadap seluruh warga binaan pemasyarakatan (WBP) oleh pihak BNNP Kalteng dan dipastikan seluruh WBP bersih dari pengaruh narkoba.

Kadivpas juga menekankan, bahwa pihaknya akan terus meningkatkan sinergitas dengan stakeholder terkait dalam rangka menunjukkan komitmennya dalam memerangi narkoba dan barang-barang terlarang di lingkungan UPT Pemasyarakatan.

“Kami mempunyai moto ‘3 Kunci Pemasyarakatan Maju’, yakni Deteksi dini gangguan Kamtib, berantas narkoba dan sinergi dengan APH. Sehingga diharapkan, seluruh UPT Pemasyarakatan se-Kalteng bersih dari pengaruh-pengaruh tersebut,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kadivpas menegaskan, Lapas dan Rutan akan terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan Pemasyarakatan yang terbaik dengan bersih dari narkoba dan memastikan WBP sehat.

“Kepada seluruh Kepala UPT Pemasyarakatan se-Kalteng untuk mewujudkan cita-cita kita untuk Zero Halinar, Pungutan liar (Pungli) dan optimalkan pelayanan pemasyarakatan yang terbaik,” pungkasnya. (yud)