Pentingnya Kerja Sama dalam Pencegahan Karhutla

Ketua Komisi C DPRD Palangka Raya, Hasan Busyairi

, PALANGKA RAYA – Ketua Komisi C Palangka Raya, Hasan Busyairi, menegaskan bahwa upaya pencegahan dan penanganan Hutan dan Lahan () tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga memerlukan partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat.

adalah tugas bersama. Masyarakat harus berperan serta secara aktif, tidak hanya menyerahkan tanggung jawab ini kepada pemerintah saja,” ujar Hasan pada Sabtu (27/7/2024).

Menurut Hasan, pencegahan Karhutla perlu dilakukan secara menyeluruh dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, masyarakat, serta perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah Palangka Raya.

“Perlu adanya keterlibatan masyarakat dalam berbagai program sosialisasi dan edukasi mengenai bahaya Karhutla serta langkah-langkah pencegahannya,” tambahnya.

Politisi dari Partai ini juga menekankan pentingnya edukasi dan peningkatan kesadaran masyarakat tentang risiko Karhutla, agar pencegahan dapat dilakukan secara lebih efektif di tingkat komunitas.

“Dengan kesadaran dan partisipasi semua pihak, kita dapat meminimalkan risiko kebakaran hutan dan lahan yang mengancam serta masyarakat,” pungkasnya. (asp)