Yuas Elko Apresiasi TPID Kalteng dalam Pengendalian Inflasi Daerah

, – Staf Ahli (Sahli) Kalimantan Tengah (Kalteng) Bidang , Keuangan, dan , , mengikuti secara virtual Rapat Koordinasi Pengendalian Daerah Tahun 2024 yang dipimpin oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Tomsi Tohir.

Yuas Elko mengikuti rapat dari Ruang Rapat Bajakah, Lantai II Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (17/9/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Yuas Elko memberikan apresiasi kepada Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kalimantan Tengah serta instansi terkait yang telah bekerja keras mengendalikan inflasi di wilayah tersebut.

Pada Rakor Inflasi Daerah sebelumnya yang digelar pada Senin (9/9/2024), Kalteng tercatat sebagai provinsi dengan inflasi terendah keempat secara dengan angka 1,29 persen (year-on-year).

“Kalteng berhasil menunjukkan kinerja yang luar biasa dalam pengendalian inflasi, dan ini membuktikan bahwa TPID telah bekerja nyata,” ujar Yuas.

Sementara itu, Plt. Sekjen Kemendagri Tomsi Tohir dalam arahannya mengimbau seluruh pemangku kepentingan untuk segera bertindak dalam menstabilkan harga komoditas, khususnya di daerah yang harga-harganya melebihi harga eceran tertinggi.

“Koordinasikan segera dengan instansi terkait, kemudian rumuskan bersama bagaimana agar harga-harga tersebut bisa sesuai dengan harga eceran tertinggi,” tegas Tomsi Tohir.

Rakor ini diadakan sebagai bagian dari upaya nasional untuk menjaga stabilitas ekonomi dan memastikan bahwa harga kebutuhan pokok tetap terjangkau oleh masyarakat, terutama di tengah berbagai tantangan ekonomi global yang berdampak pada daerah. (asp)