Gubernur Kalteng Ajak Masyarakat Teguhkan Nilai Pancasila

, PALANGKA RAYA – Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Katma F. Dirun, memimpin upacara Peringatan di Sekretariat Daerah Kalteng, Selasa (1/10/2024).

Upacara ini menjadi momen untuk mengingat perjuangan bangsa dalam mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara.

Tema tahun ini, Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas, sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045 yang bertujuan menjadikan Indonesia negara maju dan sejahtera. Pilar utamanya adalah sumber daya manusia unggul, demokrasi yang matang, pemerintahan yang baik, dan keadilan .

Dalam sambutannya yang mewakili Kalteng, , Katma menyatakan Hari Kesaktian Pancasila ini menjadi momen refleksi bagi semua untuk meneguhkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi yang tidak bisa digantikan oleh apapun.

Gubernur juga berharap masyarakat Kalteng dapat menjadikan Pancasila sebagai perekat dan pemersatu, mengingat keragaman suku, agama, budaya, dan bahasa yang ada di Indonesia.

Selain itu, Gubernur menyoroti berbagai program pembangunan yang sudah berada di jalur yang tepat, seperti menurunnya angka , meningkatnya Pendapatan Daerah, dan terkendalinya . Di bidang pendidikan, hampir 20 persen APBD dialokasikan untuk menciptakan SDM unggul.

“APBD Kalteng tahun 2024 juga mengalami peningkatan hingga mencapai lebih dari Rp10,2 triliun, yang merupakan hasil kerja keras bersama seluruh jajaran pemerintah dan dukungan masyarakat Kalteng,” tambah Katma.

Menjelang Pilkada Serentak pada 27 November 2024, Gubernur Kalteng mengimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

“Saya mengimbau masyarakat Kalimantan Tengah agar datang ke TPS, gunakan hak pilihnya, dan jangan golput. Kita harus menjaga situasi agar tetap aman dan kondusif,” tutupnya. (asp)