Pemprov Kalteng Gelar Rakor Desa 2024: Fokus pada SIPADES 3.0 dan Pemanfaatan Aset Desa

, – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah () melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Penyelenggaraan Desa 2024 di Kalawa Convention Hall, Palangka Raya, Selasa (22/10/2024).

Rakor ini mengusung tema Implementasi SIPADES Versi 3.0 serta Pemanfaatan Aset Desa untuk Meningkatkan Masyarakat melalui Usaha Unggulan Desa.

Plt Sekretaris Daerah (Sekda) yang diwakili oleh Kepala Dinas PMD, Aryawan, menyampaikan apresiasi atas terlaksananya rakor ini. Ia berharap kegiatan ini bisa membantu menyelaraskan kebijakan di desa yang merupakan ujung tombak pemerintahan daerah.

“Rapat ini diharapkan menjadi wadah untuk menyinergikan arah kebijakan pemerintah desa guna mempercepat pembangunan di Kalimantan Tengah,” ungkap Aryawan.

Salah satu fokus utama rakor ini adalah Sistem Informasi Pengelolaan Aset Desa (SIPADES) versi 3.0, sebuah yang membantu pemerintah desa dalam mengelola dan mendata aset sesuai dengan aturan.

“SIPADES membantu menertibkan pengelolaan aset desa, mengurangi risiko kehilangan, serta mempermudah pelaporan kekayaan desa,” jelas Aryawan.

Aset desa merupakan kekayaan penting yang bisa mendorong kesejahteraan masyarakat, mulai dari tanah kas desa, pasar desa, hingga hutan milik desa. Dengan SIPADES 3.0, diharapkan desa dapat mengelola aset ini secara produktif, meningkatkan pendapatan, dan memanfaatkan untuk tata kelola yang lebih baik.

Aryawan juga berharap melalui rakor ini, pemerintah desa dapat memanfaatkan aset secara efektif dan sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola yang baik, seperti transparansi dan akuntabilitas.

“Dengan diskusi dan koordinasi yang baik, kita bisa mendorong desa-desa di Kalimantan Tengah menjadi mandiri, maju, dan sejahtera,” bebernya. (asp)