Ormas Dayak di Palangka Raya Aksi Damai Tolak FPI dan Ormas Berpaham Radikal

Berbagai Ormas Dayak di Palangka Raya, dan dari daerah lainya, melakukan aksi damai, di Bundaran Besar, Palangka Raya, Rabu (25/11/2020)

BALANGANEWS, – Puluhan orang dari berbagai Ormas di Palangka Raya, dan dari daerah lainya, melakukan aksi damai, di Bundaran Besar, Palangka Raya, Rabu (25/11/2020).

Aksi damai yang didahului dengan melakukan rapid test oleh Bidokes itu, kemudian melakukan aksi berjalan kaki dan berorasi di tengah alun-alun Kota Palangka Raya.

Aksi damai tersebut, menolak terhadap paham radikal, intoleran dan pemeceh persatuan bangsa, dari ormas apapun itu di wilayah . Semua ormas menolak kehadiran ormas di Kalteng.

Salah satu ormas , menyuarakan dimana hukum harus ditegakan, apapun ormasnya. Disampikan segala paham yang mengarah pada pemecah NKRI harus ditolak, termasuk juga FPI, di Kalimantan Tengah.

Kalteng menghargai budaya, agama dan suku, dan menghormati semuanya. Selain , ada , Pasukan Borneo Bersatu, Batamad dan lainnya, menyuarakan secara bergantian terhadap aksi penolakan tersebut.

“Kami menolak keras kehadiran dan ormas yang menganut paham radikal dan intoleran, termasuk juga FPI, HTI dan ormas apapun,” kata Ingkit, salah satu perwakilan ormas, yang menyuarakan orasi.

Selanjutnya, secara terbuka sejumlah ormas tersebut bersikap selain menolak juga meminta tidak membuat gaduh di Kalteng, sehingga akan mengusik ketenteraman dan kenyamanan di wilayah Kalteng, serta mendukung pihak TNI-Polri dalam memerangi segala bentuk ancaman dalam menjaga keutuhan NKRI .

Kegiatan juga dilakukan dengan aksi tarian serta atraksi sejumlah ormas. Aksi damai itu juga dilakukan dengan doa bersama agar Kalteng tetap aman, damai serta kondusif. Hingga puluhan warga yang banyak menggunakan atribut dayak tersebut berjalan kaki kembali dan membubarkan diri dengan tertib. (hdr)