Pemprov Kalteng Terima Ikhtisar Hasil Pengawasan dari BPKP

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi () Kalimantan Tengah () menerima Ikhtisar Hasil Pengawasan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kalteng Tahun 2022, Jum’at (17/2/2023).

Ikhtisar hasil pengawasan tersebut diserahkan secara langsung oleh Kepala Perwakilan , Bambang Ari Setiono, yang diterima oleh Wakil Gubernur Kalteng, H. , di Ruang Rapat Wagub Kalteng, Kantor Gubernur Kalteng.

Wagub Edy Pratowo dalam kesempatan itu, mengatakan, sangat menyambut baik adanya Ikhtisar Hasil Pengawasan dari BPKP Kalteng terhadap kinerja pembangunan selama tahun 2022.

“Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya karena BPKP Kalteng telah melakukan pengawasan dan pendampingan dalam penyelenggaraan kegiatan pembangunan dan tata kelola ,” ucapnya.

Tambah Wagub, Pemprov Kalteng akan berkomitmen dan berupaya untuk menindaklanjuti terhadap sejumlah rekomendasi yang diberikan oleh BPKB Kalteng dalam rangka mewujudkan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“Pemprov Kalteng akan senantiasa berupaya menindaklanjuti sejumlah rekomendasi dalam Ikhtisar Hasil Pengawasan BPKP Kalteng demi terwujudnya pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPKP Kalteng, Bambang Ari Setiono menyampaikan, bahwa sepanjang tahun 2022, pihaknya telah melakukan sejumlah pengawasan guna mengawal efektivitas dan akuntabilitas keuangan serta pelaksanaan pembangunan.

“Oleh karena itu, diharapkan hasil pengawasan BPKP Kalteng dapat menjadi rekomendasi strategis bagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui jajaran Inspektorat Provinsi/Kabupaten/Kota dalam memetakan risiko-risiko untuk melakukan perbaikan pada program yang belum terlaksana ataupun menemui hambatan saat proses pelaksanaannya,” ucapnya.

Lebih lanjut, Bambang mengatakan, kegiatan pengawasan yang dilakukan BPKP Kalteng terbagi menjadi beberapa aspek, meliputi pengendalian dengan , peningkatan kualitas hidup manusia, pengembangan potensi daerah, peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan, penyerapan anggaran, hingga antisipasi kecurangan dalam rangka proteksi daerah.

“BPKP Kalteng akan selalu siap mendampingi jajaran Pemprov Kalteng dalam mewujudkan tata kelola keuangan dan pembangunan yang berkualitas dan akuntabel,” demikian Bambang. (asp)