Penuhi Ketersediaan Stok Darah di PMI, Basarnas Gelar Donor Darah

627

, PALANGKA RAYA – Kebutuhan pasokan darah tentunya sangat dibutuhkan oleh pihak rumah sakit, terlebih lagi apabila ada masyarakat yang sedang membutuhkan tertentu untuk keperluan keluarganya pasti akan mencari ketersediaan darah salah satu tempat terdekat yakni PMI yang menjadi salah satu tempat yang menyediakan stok darah tersebut.

Mendukung ketersediaan stok darah tersebut, Basarnas Palangka Raya dan dalam rangka menyambut acara HUT Basarnas ke 51, Kantor Pencarian dan (BASARNAS) Palangka Raya mengelar aksi donor darah dengan tajuk “Donor Darah Sehatkan Raga Selamatkan Jiwa”.

Adapun kegiatan dilaksanakan di Kantor Basarnas Palangka Raya Jalan Adonis Samad, yang mana kegiatan ini Basarnas Palangka Raya berkerja sama dengan PMI Kota Palangka Raya dengan menargetkan 51 kantong darah, yang selanjutnya akan digunakan untuk mencukupi stok darah di Palangka Raya yang mulai menipis.

Selain itu donor darah kali ini dibuka secara virtual oleh Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Marsekal Madya Henri Alfiandi di Kantor Basarnas Pusat. Dan kegiatan ini akan dilaksanakan serentak oleh seluruh Kantor Basarnas di seluruh wilayah Indonesia.

“Tujuan donor darah serentak ini untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan darah, baik untuk penyembuhan penyakit maupun pemulihan kesehatan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor BASARNAS Palangka Raya AA. Ketut Alit Supartana, S.Pd menambahkan aksi donor darah kali ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa peduli kepada sesama, mempererat tali silahturahmi, dan meningkatkan sinergitas antar instansi pemerintah dan potensi SAR.

“Selain dari personil Basarnas Palangka Raya, kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa Instansi pemerintah dan Potensi SAR yang ada di Palangka Raya, diantara lain Kemenkumham Provinsi Kalteng, Provinsi Kalteng, , Dirsamapta Kota Palangka Raya, Yonif 631 Antang, , KPPN Palangka Raya, KKP Palangka Raya, BKIPM Palangka Raya, Damkar Kota Palangka Raya, , Airnav Tjilik Riwut, DPKP Kota Palangka Raya, Tagana dan Senkom,” tambahnya.

Selain itu Kepala Basarnas Palangka Raya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, sehingga kegiatan pada hari ini bisa berjalan dengan baik

“Harapan saya dengan adanya kegiatan ini, para pendonor juga selalu diberikan kesehatan dan darah yang telah kita berikan dapat bermanfaat kepada masyarakat Kota Palangka Raya khususnya,” ungkapnya. (yud)