Legislator Apresiasi Upaya Pemko Wujudkan Ketahanan Pangan

anna ag

, PALANGKA RAYA – Anggota Komisi B , Anna Agustina Elsye, sangat mendukung upaya pemerintah kota (pemko) setempat dalam memperkuat program melalui pengembangan .

“Baiknya, agar pengembangan pertanian dapat berjalan berkesinambungan, maka perlu dilakukan berkolaborasi dengan Kementerian Pertanian. Terutama untuk mengoptimalkan pengelolaan lahan pertanian,” katanya, Rabu, (8/2/2023).

Menurut srikandi dari Partai ini, ketersediaan lahan pertanian di daerah setempat sangatlah besar, meskipun dengan karakteristik lahan bergambut, namun menjadi tantangan tersendiri bagi dinas dan pihak terkait dalam membangun sistem pertanian yang produktif.

“Terbukti, pengembangan pertanian pada lahan gambut ini mampu menghasilkan produk pertanian, hortikultura serta buah-buahan. Seperti halnya di Kelurahan Pager,” ujarnya.

Sebelumnya Wali Kota Palangka Raya menyampaikan kegiatan penanaman padi di Kelurahan Pager, merupakan upaya Pemko dalam mendukung ketahanan pangan serta pengendalian dari sektor pertanian.

Upaya mengendalikan inflasi selain dengan cara melakukan operasi pasar dan pemantauan harga komoditas, disisi lain dilakukan dengan mendukung pengembangan pertanian melalui pemberian bibit tanaman yang selama ini berpotensi terdampak inflasi seperti cabe dan .

“Dengan adanya aksi menanam padi pada lahan poktan di Kelurahan Pager harapannya padi yang ditanam tumbuh subur dan menjadi contoh bagi poktan lainnya untuk menanam padi. Kita menyadari kebutuhan akan beras sangat tinggi dan masih kita datangkan dari luar daerah,” pungkasnya. (oje)