Pemprov Dukung Perluasan Kesempatan Kerja di Kalteng

1523

, – Pemerintah Provinsi () Kalimantan Tengah () mendukung penuh perluasan kesempatan kerja di Bumi Tambun Bungai. Dukungan tersebut dengan digelarnya pelatihan perluasan kesempatan kerja tahun 2023, Kamis (9/3/2023).

Asisten Bidang dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kalteng, Katma F. Dirun mengatakan, pemerintah terus berupaya meningkatkan keterampilan SDM nya agar bisa menyesuaikan diri dengan pekerjaan-pekerjaan baru, sehingga mampu berkembang, bersaing, dan tidak tertinggal oleh negara-negara lain yang teknologi dan SDMnya lebih maju.

Sambung dia, perkembangan teknologi akan memunculkan pekerjaan-pekerjaan baru yang memerlukan keterampilan tertentu.

“Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan SDM Indonesia agar memiliki bekal dan keterampilan agar mampu menghadapi era serba digital saat ini, terlebih lagi Kalimantan Tengah yang akan menjadi Daerah Penyangga bagi Ibu Kota (IKN),” ucap Katma.

Menurut dia, beberapa upaya harus dilakukan dalam meningkatkan kualitas SDM menuju era digitalisasi ini antara lain menarik investor asing, reformasi sistem , mendorong infrastruktur digital nasional, serta penerapan digital.

“Jenjang pendidikan yang dimiliki harus diimbangi dengan soft skill yang memadai untuk dapat bersaing di dunia kerja,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertras) Provinsi Kalteng Farid Wajdi menambahkan, bahwa Disnakertrans memang diberi amanah untuk melatih keterampilan-keterampilan yang nyata misalnya menjahit, memasang listrik, servis sepeda motor dan lain-lain.

Sekarang ini yang kita lakukan adalah melatih soft skill yaitu kemampuan menulis, kemampuan berbicara dan kemampuan-kemampuan yang diperlukan ketika seseorang ingin menunjukkan bahwa dia mampu.

“Soft skill pemuda-pemuda Kalteng harus dilatih sehingga ketika diajak berkompetensi mereka bisa menunjukkan kemampuannya,” tandas Farid Wajdi. (asp)