Jelang Ramadan, Pemprov Kalteng Terus Gencarkan Pasar Penyeimbang

WhatsApp Image 2023 03 13 at 4.25.32 AM

BALANGANEWS, – Dalam rangka pengendalian inflasi daerah sekaligus persiapan menghadapi Hari Besar Keagamaan (HBKN) yakni Bulan Puasa Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 2023 M/1444 Hijriah, melalui dan Perindustrian (Disdagperin) menggelar Pasar Penyeimbang di , Kota Palangka Raya, Minggu (12/3/2023).

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Disdagperin Provinsi Kalteng Aster Bonawaty didampingi Camat Jekan Raya Sri Utomo beserta Babinsa setempat.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan tertib, aman dan lancar dan warga sangat antusias dengan diadakannya kegiatan ini,” kata Aster Bonawaty.

Lanjut Aster menambahkan, dalam kegiatan Pasar Penyeimbang ini, pihaknya menyediakan 1.000 paket bahan pokok yang berisikan beras 5 kg, gula pasir 2 kg, minyak goreng 2 L, kental manis 1 kaleng, dan sarden 1 kaleng.

ini senilai 150 ribu rupiah per paketnya, namun Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memberikan subsidi sebesar Rp100.000, sehingga masyarakat hanya menebus dengan harga Rp50.000 per paketnya, yang dapat ditukar dengan menggunakan kupon,” ucapnya.

Aster menyebut, kegiatan serupa direncanakan akan dilaksanakan setiap minggu di seluruh kabupaten/kota se-Kalteng secara bergantian.

“Sesuai arahan Bapak , masalah inflasi jangan lengah, harus dipantau dan menjadi perhatian serius Pemerintah, meskipun inflasi di Kalteng makin rendah, upaya menekan inflasi terus dilakukan, salah satunya dengan melaksanakan Pasar Penyeimbang,” pungkasnya.

Di hari yang sama juga dilaksanakan giat Pasar Penyeimbang di tiga lokasi berbeda, yaitu Kelurahan Tangkiling Kota Palangka Raya, Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas, dan Kelurahan Palingkau Baru Kabupaten Kapuas. (asp)