Penuhi Kebutuhan Uang Tunai, BI Kalteng Siapkan Rp2,6 Triliun

bi kalteng11

, – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp2,64 Triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kalteng selama dan Idul Fitri tahun 2023.

“Penyiapan kebutuhan uang tunai pada Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2023 ini lebih tinggi 7,08 persen dibandingkan dengan realisasi kebutuhan uang tunai tahun 2022 lalu yakni Rp2,46 Triliun,” kata Kepala , Taufik Saleh, Kamis (23/3/2023).

Antisipasi kenaikan ini, sambung dia, mempertimbangkan pencabutan status Pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pertumbuhan ekonomi kalteng yang semakin membaik serta peningkatan mobilisasi masyarakat.

Dari sisi permintaan, beber Taufik, kebutuhan uang tunai tertinggi pada periode Ramadan/Idul Fitri tahun 2023 ini terjadi di wilayah Kota Palangka Raya sebesar Rp1,11 Triliun, diikuti Kabupaten Kotawaringin Timur sebesar Rp500 Miliar, dan Kabupaten Kotawaringin Barat sebesar Rp214,62 Miliar.

Persentase kebutuhan uang periode Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2023 di lima wilayah Kas Titipan Bank Indonesia Provinsi Kalteng yaitu , Pangkalan Bun, , Buntok, Muara Teweh diperkirakan kebutuhan uang tunai mencapai sebesar Rp1,52 Triliun, sedangkan di wilayah Palangka Raya sebesar Rp1,11 Triliun.

“Guna memenuhi kebutuhan masyarakat menyambut bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 1444 H, mulai tanggal 27 Maret 2023 sampai 20 April 2023, Bank Indonesia bekerja sama dengan perbankan menyediakan layanan penukaran uang di 47 titik layanan penukaran di bank yang tersebar di seluruh wilayah Kalimantan Tengah,” ujar Taufik.

Secara rinci penyiapan tersebut diperuntukkan untuk melayani penarikan dan penukaran uang Rupiah di kantor-kantor perbankan serta Layanan Kas Keliling Bank Indonesia bersama dengan perbankan.

Berbeda dari tahun sebelumnya, tambah Taufik, tahun ini layanan penukaran uang kepada masyarakat akan dibuka kembali melalui layanan Kas Keliling Bank Indonesia pasca berakhirnya pandemi , Bank Indonesia telah berkoordinasi perbankan untuk turut serta dalam program Kas Keliling Bersama.

Kegiatan ini akan dilaksanakan di keramaian Kota Palangka Raya yaitu Pasar Wadai Ramadhan, Pasar Kahayan. Kantor Pos Imam Bonjol dan Mega Town Square Kota Palangka Raya, Semua program tersebut terpadu dalam tajuk SERAMBI (Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri) 2023.

SERAMBI merupakan rangkaian kegiatan pemenuhan kebutuhan uang Rupiah dan layanan kas pada kepada masyarakat periode Ramadan dan Idul Fitri 2023.

Dalam rangka mendukung penyiapan uang tunai dan kelancaran layanan penukaran uang, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalteng menjalankan tiga framework dalam melakukan pengelolaan uang rupiah yang dioptimalkan menjelang hari raya.

“Pertama ketersediaan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya, kedua sistem distribusi uang yang efisien dengan layanan kas prima dan ketiga adalah infrastruktur,” pungkasnya. (asp)