Palangka Raya

BNNP Kalteng Tes Urine Narkoba Bagi Awak Pesawat

WhatsApp Image 2023 04 20 at 8.58.02 AM

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Badan Narkotika (BNN) Provinsi Kalimantan Tengah, melakukan tes urine kepada pilot dan awak pesawat lainnya di Tjilik Riwut Palangka Raya.

Adapun kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala BNNP , Brigjen Pol Drs Sumirat Dwiyanto, MSi, yang mana kegiatan ini dilaksanakan dari hari Rabu kemarin hingga nantinya.

Kepala BNNP Kalteng, Brigjen Pol Drs Sumirat Dwiyanto mengatakan, dilakukannya tes urine oleh BNN menjadi rangkaian antisipasi dan pengamanan dan balik Hari Raya Idul Fitri 1444 H dan juga sebagai bentuk sinergitas antara BNNP Kalteng dan PT. Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melaksanakan mudik melalui jalur udara.

“Kali ini kita lakukan pemeriksaan secara acak kepada 13 awak pesawat, baik Kapten Pilot, Co Pilot, Pramugari maupun Pramugara dari beberapa maskapai, dimana hasil pemeriksaan sampel urine semua dinyatakan negatif atau tidak ada indikasi penyalahgunaan narkotika,” ucapnya, Kamis (20/4/2023).

Tentunya melalui kegiatan ini diharapkan para penyelenggara penerbangan, dapat secara periodik melakukan tes urine narkotika untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penumpang, sehingga industri penerbangan di Indonesia bersih dari segala bentuk penyalahgunaan narkotika.

“Kita berharap dengan terlaksananya kegiatan, yang pasti ini menjadi awal kita untuk memastikan, bahwa seluruh awak pesawat maskapai tersebut dalam keadaan bebas dari penyalahgunaan sehingga masyarakat yang mudik tahun ini dapat nyaman dan aman selama perjalanan pulang kampung ke daerah masing-masing, selain itu di dan BNNK Kotawaringin Barat telah dilakukan deteksi dini melalui tes urine terhadap Crew moda transportasi darat seperti Bus Angkutan Antar Kabupaten dan Provinsi di terminal-terminal, adapun hasil pemeriksaan urine juga tidak ditemukan indikasi penyalahgunaan narkotika,” ungkapnya. (udi)

Beritahu Saya Setiap Ada Berita Terbaru OK No thanks