1 Tewas Usai Bentrok di Kebun Sengketa, Kuasa Hukum Lapor Polisi

C82DA2A3 453C 4308 B8C4 E91204ECBB67

, terjadi di lahan kebun Sengketa Lawrence – Hok Kim alias Acen antara warga dan oknum massa bayaran di Desa Pelantaran, Kecamatan Cempaga Hulu, Kotawaringin Timur, Senin (11/9/2023) siang.

Satu orang meninggal dunia dan empat dikabarkan terluka dalam insiden berdarah tersebut.

Kuasa masyarakat Desa Pelantaran, Monty, turut menyesalkan terjadinya aksi penganiayaan berat atau yang menimpa warga tersebut.

Berdasarkan informasi yang diterima, massa diduga bayaran Hok Kim alias Acen mulai datang pada malam hari dan bertambah banyak pada pagi hari.

Sedangkan kedua korban adalah masyarakat yang ketinggalan di dalam dan kemudian diduga diserang oleh oknum massa.

“Kami menyesalkan adanya kejadian ini, padahal sedang ada proses hukum,” katanya, Senin malam.

Ia menuturkan, masyarakat di sekitar kebun sawit sengketa sangat merasa terganggu dengan adanya oknum massa diduga bayaran tersebut. Hingga berujung pada kejadian berdarah ini.

“Kita lagi proses untuk melaporkan ke kepolisian malam ini juga. Kami melaporkan dengan pasal penganiayaan berat mengakibatkan meninggal dunia atau bisa jadi pembunuhan berencana. Nantinya biar aparat yang menentukannya,” tegasnya.

Terkait video yang ramai beredar di media adanya puluhan warga yang masuk ke dalam kebun dan bersitegang dengan oknum massa, Ornela menegaskan, jika video tersebut sudah lama. Video diambil pada 17 Agustus 2023 lalu. Sehingga jika ada pernyataan yang menyebutkan masyarakat menyerbu masuk ke dalam kebun hari ini adalah berita bohong.

“Itu video lama yang terjadi sekitar 17 Agustus 2023 lalu. Sehingga tidak ada penyerangan,” tegasnya.

Informasi di lapangan, korban meninggal dunia pada insiden berdarah di kebun sawit sengketa Alpin Lawrence-Hok Kim diketahui bernama Saudi, dan rekannya Pani mengalami luka di bagian lengan.

Sedangkan di pihak sebelah, tiga orang dikabarkan terluka akibat senjata tajam.

Pasca insiden berdarah tersebut, kini kebun sengketa tersebut telah dilakukan penjagaan ketat oleh personel kepolisian. Akses masuk ke dalam kebun dipasang garis polisi. (yud)