Rumah, Gedung Walet dan Meubel Dilalap Sijago Merah

Api yang berkobar di lokasi kebakaran

BALANGANEWS, KUALA terjadi di Kelurahan Pulau Kupang, Kabupaten Kapuas, dimana sijago merah melalap gedung meubel, rumah dan dua gedung sarang walet milik warga bernama Syahlianor, Minggu (12/5/2024) dini hari.

Kepala Pelaksana Tugas Badan Penanggulangan Daerah () Kabupaten Kapuas, Fakhuransi saat dikonfirmasi membenarkan adanya bencana kebakaran yang terjadi di Kelurahan Pulau Kupang Kecamatan Bataguh.

“Dari data yang kami terima, api membakar dua gedung sarang walet, gedung meubel dan satu rumah, di Kelurahan Pulau Kupang,” ucapnya, Minggu (12/5/2024).

Dirinya menuturkan dimana api dapat dipadamkan setelah pihak pemadam kebakaran, BPBD, bersama warga memadamkan api di lokasi kejadian kebakaran di Pulau Mambulau.

“Penyebab dari kejadian masih dalam pemeriksaan di lokasi di lapangan, sedangkan saat ini kami masih melakukan pendataan dan koordinasi dengan pemerintah setempat,” jelasnya.

Lanjutnya, api berhasil dikuasai sekitar beberapa menit dari pemadaman yang dilakukan pihak BPBD bersama relawan pemadam kebakaran di Kabupaten Kapuas, hingga ada satu unit rumah rusak berat, satu unit bangunan gudang meubel dua unit bangunan sarang walet terbakar.

“Akibat kejadian ini untuk korban yang terdampak sebanyak satu Kepala dan dua jiwa, hingga kami masih melakukan koordinasi kepada pihak pemerintah setempat dalam pendataan yang terjadi di Kelurahan Pulau Kupang,” pungkasnya.

Sementara itu untuk kerugian dialami korban dimana terdapat bangunan yang hangus seperti gedung walet, rumah dan gedung meubel masih dalam penyelidikan pihak kepolisian dari Kapuas dan Selat. (put)