Pemkab Pulpis Gelar Rakor Penilaian KLA 2023 dan Persiapan 2024

.COM, – Pj Hj Nunu Andriani menghadiri dan sekaligus membuka rapat koordinasi (Rakor) penyampaian hasil pelaksanaan penilaian KLA 2023 dan persiapan penilaian KLA 2024, di Aula Bepperida daerah setempat, Selasa (19/3/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Kolarga Berencana (DP3AP2KB) Pulang Pisau, Hj Deni Widanarni, Kepala Bapperida Pulang Pisau Bakhzar Efendi, Daerah (FAD), Camat Se Kabupaten Pulang Pisau, dan para OPD Lingkup .

Dalam poin sambutannya, Pj Bupati Pulang Pisau menyebut lahirnya kebijakan Kabupaten Layak Anak atau KLA ini tentu dengan tujuan dapat menciptakan yang sayang anak, rukun tetangga dan rukun warga atau yang peduli anak.

Selanjutnya, peran desa/kelurahan sampai kecamatan hingga kabupaten sangat diharapkan untuk mencapai KLA, sebagai prasyarat untuk memastikan bahwa anak-anak bertumbuh kembang dengan baik, terlindungi haknya dan terpenuhi kebutuhan fisik serta psikologisnya.

“Untuk mewujudkan itu, tentu penguatan sinergitas, koordinasi dan kolaborasi seluruh stakeholder secara terencana, menyeluruh serta berkelanjutan dalam melaksanakan kebijakan program kegiatan guna menjamin hak dan perlindungan terhadap anak dapat terus kita tingkatkan,” ucap Nunu sapaan Pj Bupati Pulang Pisau.

Ia menekankan, kepada seluruh pihak terkait, agar dapat memberikan informasi secara rinci tentang strategi, program dan kegiatan yang telah dilaksanakan selama tahun 2023 melalui kuisioner penilaian mandiri KLA yang telah di sampaikan, serta yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 ini.

“Khusus bagi camat, lurah dan kepala desa kiranya dapat membuat program kegiatan yang berkaitan dengan 24 indikator KLA. Apalagi saat ini ada dua desa yang telah ditetapkan Kementerian PPPA sebagai lokus desa model ramah perempuan dan peduli anak yaitu desa Bulut Liti dan Desa Mekar Jaya,” tambahnya.

Mengakhiri sambutannya, Pj Bupati Pulang Pisau kembali berharap bahwa pada tahun 2024 KLA Pemkab Pulang Pisau dapat ditingkatkan lagi, dari peringkat Madya naik menjadi Nindya atau bahkan Utama.

“Saya juga mengajak untuk memperkuat kerjasama dalam mewujudkan Kabupaten Pulang Pisan Layak Anak menuju lebih baik kedepannya. Juga dalam hal penanganan penurunan angka di Wilayah Kabupaten Pulang Pisau harus bekerjasama,” tutupnya. (nor)