Harapkan Pemerintah Bantu Pemasaran Hasil Pertanian Masyarakat

BALANGANEWS, KUALA PEMBUANG – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) mengharapkan kepada pemerintah daerah untuk terus mendukung sektor masyarakat di wilayah setempat salah satunya membantu dalam hal pemasaran hasil produksi.

Angota DPRD Seruyan, Wiwin mengatakan, di samping pemerintah menggalakkan bantuan seperti bibit, pupuk dan sarana prasarana penunjang pertanian lainnya, pemerintah juga perlu memperhatikan terkait pemasaran hasil produksi pertanian masyarakat, sehingga bisa berdampak secara signifikan terhadap perekonomian masyarakat.

“Untuk pertanian mungkin saat ini yang perlu dimaksimalkan yaitu untuk pemasarannya, di samping bantuan bibit, pupuk dan sebagainya. Ini juga menjadi aspirasi masyarakat khususnya seperti yang berada di daerah pemilihan saya dapil 3,” katanya.

Menurut Wiwin, bahwa hampir 70 sampai 80 persen potensi di dapil 3 Seruyan yaitu pertanian, salah satunya yang menonjol . Selain itu ada juga potensi-potensi pertanian lainnya seperti kebun , rotan dan lain-lain.

Kendati demikian ungkapnya, yang menjadi keluhan masyarakat saat ini yaitu terkait pemasaran hasil panen tersebut, dimana jumlah tengkulak yang cukup terbatas. Bahkan sebagian petani terpaksa memanfaatkan hasil panen dari perkebunan mereka hanya untuk konsumsi pribadi.

Oleh karena itu, melihat keluhan petani tersebut, potikus dari Partai Kebangkitan Bangsa () itu berharap kepada pemerintah daerah melalui dinas terkait bisa membantu upaya promosi dan pemasaran. Selain itu dirinya juga mengharapkan hasil-hasil pertanian masyarakat bisa dikelola oleh pemerintah desa, seperti melalui atau badan usaha milik desa atau Bumdes. (Jib)