KPHL Gerbang Barito Unit IX Gelar Sekolah Lapang

Whatsapp Image 2023 11 23 At 3.52.23 Pm

, – Untit Pelaksana Teknis Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (UPT – ) Gerbang Barito Unit IX Dinas Kehutanan Kalimantan Tengah () di Kabupaten Barito Selatan (Barsel), menggelar Sekolah Lapang di Rumah Produksi Desa Sababilah Kecamatan Dusun Selatan (Dusel).

Kepala UPT KPHL Gerbang Barito Unit IX Abdurrahman, melalui Kepala Seksi Perencanaan dan Pemanfaatan Hutan Fahrudin mengatakan bahwa menggelar sekolah lapang merupakan program dari Dinas Kehutanan untuk peningkatan sumber daya manusia dan peningkatan perekonomian masyarakat.

“Kegiatan ini di tempat lapang atau alam terbuka. Selain memberikan pelajaran secara teori, para narasumber juga memberikan pelajaran secara praktek di lapangan,” kata Fahrudin, Kamis (23/11/2023).

Masih dikatakan Fahrudin, dalam pelaksanaan sekolah lapang, pihaknya mendatangkan narasumber dari Penyuluh Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng dan KTH binaan KPHL Gerbang Barito Unit IX.

“Kami juga mendatangkan narasumber dari Kelompok Tani Hutan yang kami nilai berhasil dalam pengelolaan lebah dan kolam ikan Patin di Buntok,” ucap Kepala Seksi Perencanaan dan Pemanfaatan Hutan.

Sementara itu ketua panitia pelaksana, Syarif Agung, menambahkan, peserta yang mengikuti sekolah lapang tersebut terdiri dari Masyarakat Peduli Api (MPA), perwakilah Kelompok Tani Hutan (KTH) dan sejumlah warga di wilayah binaan KPHL setempat.

Pelajaran yang diberikan kepada para peserta kegiatan itu adalah, cara pengelolaan budidaya lebah kelulut hingga sampai pada cara pemasaran hasil madu, serta cara budidaya ikan patin dan pembuatan pakan pelet untuk makanan ikan peliharaan tersebut.

Agung juga menaruh harapan, sekolah lapang yang dilaksanakan tersebut bisa membawa manfaat, dapat memberikan pelajaran dan pengetahuan kepada masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya alam di lingkungan tempat tinggalnya.

“Mudah-mudahan dari pengetahuan yang dimiliki oleh para peserta sekolah lapang ini, bisa membantu menambah penghasilan dalam meningkatkan perekonomian peserta secara khusus dan masyarakat Barito Selatan pada umumnya,” pungkasnya. (lam)