Tiga Desa di Barsel Dicanangkan Menjadi DRPPA

Whatsapp Image 2023 11 23 At 5.23.34 Pm
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Kalimantan Tengah (Kalteng), Linae Victoria Aden

BALANGANEWS, – Terdapat tiga desa di Kabupaten Barito Selatan () yang dicanangkan menjadi Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (). Hal tersebut, berdasarkan Surat Keputusan Bupati Barito Selatan Nomor 188.45/116/2023.

Tiga desa tersebut, yakni Desa Pamait Kecamatan Dusun Selatan, Kecamatan Dusun Selatan dan Desa Muara Singan di Kecamatan Gunung Bintang Awai.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Berencana (P3APPKB) Kalimantan Tengah (), Linae Victoria Aden membenarkan hal itu.

“Sehingga, dapat menjadi episentrum baru bagi yang berbasis pemenuhan hak perempuan dan anak di Kabupaten Barsel,” katanya, Kamis (23/11/2023).

Ia juga menuturkan, perempuan dan anak memiliki peran penting dalam pembangunan desa. Oleh sebab itu, perangkat desa dan pemerintah daerah harus memberikan akses peluang dan partisipasi perempuan dan anak dalam pembangunan desa.

Dirinya mencontohkan, perempuan dan anak menjadi penerima manfaat dari program dan kegiatan pembangunan desa.

“Perempuan dan anak dapat berkontribusi dengan memberikan masukan konstruktif terhadap kebijakan dan program yang dilaksanakan pemerintah daerah, seperti memberikan ide, inovasi, dan memobilisasi gerakan ,” pungkasnya. (lam)