Pemkab Barsel Ikuti Acara Ngobrol Pemilu

Whatsapp Image 2024 01 10 At 9.34.33 Pm

BALANGANEWS, BUNTOK – Sebelum rangkaian pesta demokrasi dimulai pada Februari 2024 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan (Barsel), melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), mengikuti acara Ngobrol (Ngopi) dalam rangka kesiapan menghadapi Pemilu 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri Asisten II, Rahmat Nuryadin mewakili Pj. Bupati didampingi Kepala Badan Kesbangpol, unsur Forkopimda seperti Kapolres Barsel AKBP Asep Bangbang Saputra, Dandim 1012/BTK, Letkol Inf Hendro Wicaksono serta Kepala , Ketua KPU dan Ketua bersama anggota Barsel.

Perkuat Sinergitas, Kapolres Barsel Sambangi Markas Kodim 1012/Buntok adapun susunan acara yaitu pembukaan, persiapan diskusi, paparan, arahan serta closing statement dari Ketua KPU Provinsi dan Kapolda Kalimantan Tengah.

Dalam acara tersebut, KPU memaparkan tentang tahapan-tahapan proses pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu 2024, mulai dari jumlah jenis surat suara serta penayangan video tentang tata cara pendistribusian logistik.

Asisten II Setda Barsel Rahmat Nuryadin, menyampaikan, acara tersebut untuk menyamakan persepsi dan meningkatkan sinergisitas antara pemerintah daerah, stakeholder terkait serta penyelenggara Pemilu dalam menghadapi pesta demokrasi yang digelar secara serentak pada Februari mendatang.

“Untuk itu kita harus bersama-sama menjaga kondusifitas daerah kita, agar Pemilu 2024 nanti dapat berjalan sesuai dengan aturan serta norma yang berlaku, dan kita juga harus memastikan bahwa hak pilih masyarakat dapat dilaksanakan dengan baik,” katanya, Rabu (10/1/2024).

Ia juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas kinerja bersama yang telah melakukan persiapan, mulai dari menjaga logistik Pemilu yaitu surat suara yang telah sampai di Barsel, terutama kepada penyelenggara Pemilu seperti KPU dan Bawaslu, yang juga telah melakukan berbagai persiapan teknis dan administratif untuk Pemilu 2024.

“Kami berpesan kepada para penyelenggara Pemilu agar dapat bekerja secara profesional, independen dan akuntabel, sehingga pelaksanaan Pemilu 2024 nanti dapat berlangsung aman, lancar dan demokratis,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Barsel, AKBP Asep Bangbang Saputra mengatakan, bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan Ngopi lintas sektoral yang diadakan KPU Kalteng tersebut merupakan salah satu kegiatan sosialisasi guna berbagi ilmu pengetahuan dalam menyambut penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2024 di wilayah Kalteng.

“Serta diskusi terkait situasi terkini dalam menghadapi Pemilu, sehingga kita bisa mengantisipasi hal-hal yang dapat mengganggu kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024 lebih awal,” terangnya.

Ia mengatakan, Barsel bersama TNI khususnya Kodim 1012/BTK tetap konsisten serta komitmen dan terus bersinergi dalam melaksanakan pengamanan Pemilu 2024 mendatang, dan memegang teguh tentang netralitas seorang .

“Saya juga telah sampaikan kepada jajaran untuk selalu berkolaborasi dengan Forkopimda atau tokoh masyarakat untuk sama-sama mensukseskan penyelenggaraannya nanti, sehingga Pemilu di Kabupaten yang bersemboyan Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini dapat berjalan dengan aman, damai dan lancar,” ujarnya. (lam)