Disperindagkop Barsel Tingkatkan Pengembangan Kawasan Industri

Whatsapp Image 2024 01 17 At 1.35.10 Pm
Kepala Disperindagkop UKM Barsel, Swita Minarsih

, BUNTOK, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Barito Selatan () akan meningkatkan pengembangan kawasan industri di tahun 2024 ini.

“Pengembangan Kawasan industri itu kita tingkatkan, setelah kita mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Barsel melalui inovasi Rencana Industri Kabupaten (RPIK),” kata Kepala , Swita Minarsih, Rabu (17/1/2024).

Dikatakan, RPIK ini sendiri akan dijadikan acuan ke dalam pengembangan kawasan industri yang efisien dan efektif serta mempermudah untuk mengelola Sumber Daya Alam (SDA).

“Dengan begitu melalui RPIK ini juga menjadi wadah serta dasar dalam pengembangan kawasan industri kabupaten,” ucapnya.

Dijelaskannya, bahwa RPIK ini merupakan tindak lanjut dari rencana pengembangan industri nasional dan Kabupaten Barsel menjadi satu-satunya wilayah di Provinsi yang saat ini telah selesai dengan Peraturan Daerah (Perda) RPIK.

“Meski telah selesai dengan Perda RPIK, untuk pelaksanaannya kita tetap mengikuti tahapan yang telah ditentukan secara nasional,” terangnya.

Menurutnya, ada empat tahapan yang harus dilaksanakan selama 20 tahun, dan untuk tahapan pertama dalam kurun lima tahun.

“Pastinya kita akan fokus pada peningkatan Sumber daya Manusia (SDM) dan pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) serta pengembangan kapastitas pelaku itu sendiri,” tegasnya.

Sebagai salah satu langkah strategis untuk semakin mendorong peningkatan standarisasi UKM dalam mewujudkan UMKM mandiri dan unggul, tambah dia, pihaknya juga telah membuka pelayanan Wirausaha Tangguh kompetitif dan Mandiri (Watakam), peningkatan kemitraan dalam pemasaran dan pembinaan dengan pihak ketiga.

“Melalui pelayanan Watakam dan peningkatan kemitraan ini, banyak produk UKM kita sudah berhasil memasuki retail modern maupun tempat oleh-oleh, salah satunya Asli Barsel yang saat ini diminati oleh PT Sidomuncul yang selanjutnya akan ditindaklanjuti melalui perjanjian kerjasama,” pungkasnya. (lam)