Jaga Kerukunan, Persatuan dan Persatuan

Whatsapp Image 2024 01 17 At 2.01.30 Pm

, KASONGAN – Jaga dan rawat Kerukunan antar umat beragama, persatuan dan kesatuan di tahun 2024 ini.

Ajakan yang ditujukan kepada seluruh elemen masyarakat ini diungkapkan Pj Bupati Katingan, Saipul kepada sejumlah awak media, Senin (15/1/2024), usai menghadiri perayaan Kopri bersama dan Forkopimda lainnya, di gedung serbaguna Salawah – Kasongan.

Whatsapp Image 2023 12 13 At 8.54.37 Pm

Pengertian menjaga dan merawat dimaksud menurutnya, saling menjaga, menghormati dan saling toleransi antar satu dengan yang lainnya.

“Dengan kata lain, kita harus menjaga kerukunan umat beragama, kita harus memahami dan mengerti orang lain serta saling menerima,” terangnya.

Selanjutnya, dirinya juga berharap kepada seluruh tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, pemuka dukungan dan doanya agar kerukunan antar umat beragama di daerah kita ini tetap terjaga, meskipun di tahun politik yang sedang kita hadapi saat ini.

Kerukunan dan persatuan serta kesatuan ini menurutnya merupakan modal terpenting untuk membangun Kabupaten Katingan yang sudah berusia lebih dari 21 tahun ini. Berapapun anggaran yang kita gelontorkan untuk membangun daerah, jika tanpa adanya kerukunan, kesatuan dan persatuan, maka tidak akan bermanfaat apa-apa.

Okeh karena itu, semangat kerukunan antar umat beragama dan semangat persatuan dan kesatuan dimaksud menurutnya perlu kita jaga sebaik mungkin.

“Jika kita tetap mempertahankannya, saya yakin tahun demi tahun daerah kita semakin meningkat, seiring dengan kemajuan zaman,” ujarnya.

Menjawab pertanyaan media, di Kabupaten Katingan, sejak Katingan menjadi Kabupaten pada tahun 2002 silam hingga sekarang, meskipun terdiri dari berbagai suku, agama dan ras, namun tingkat kerukunan antar umat beragama sangatlah baik.

“Hal itu terbukti dengan toleransi dan saling harga menghargai satu sama lainnya,” akunya, seraya berharap kerukunan antar umat beragama, kesatuan dan persatuan di bumi Penyang Hinje Simpei ini terus berlanjut bahkan kian meningkat. (abu)