Pemkab Barsel Salurkan Bantuan Pangan CBP Tahap I

BALANGANEWS,  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan (), menyalurkan program bantuan pangan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) tahap I kepada 5.746 KK (Kepala ) penerima manfaat di daerah setempat. Bertempat di halaman Kantor Perum Badan Urusan Logistik () Cabang Buntok. Rabu (31/1/2024).

Berdasarkan Undang-Undang nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan. Bahwa pengelolaan cadangan pangan merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan keterjangkauan pangan baik dari aspek fisik maupun , dan penyelenggaraan cadangan pangan dilakukan untuk mengantisipasi kekurangan pangan, gejolak harga pangan serta saat keadaan darurat,” katanya.

Masih dikatakan Rahmat Nuryadin ini juga sebagai upaya kita dalam menangani dan mengurai kemiskinan ekstrem di daerah kita, pemerintah perlu memberikan jaminan atas pangan terutama bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah, agar rumah tangga/keluarga mereka selalu memiliki akses terhadap pangan pada harga dan volume yang ideal untuk memenuhi kebutuhan serta kesehatannya.

Salah satu, upaya pemerintah daerah setempat untuk meningkatkan akses pangan bagi masyarakat adalah melalui pemberian bantuan pangan yang bersumber dari cadangan pangan pemerintah, sehingga kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi,” ucap Asisten II Setda Barsel.

Ditambahkan bantuan ini juga sebagai upaya pemerintah untuk menangani kerawanan pangan, kemiskinan, stunting atau gizi buruk, keadaan melindungi produsen dan konsumen dari dampak fluktuasi harga, serta mengendalikan dampak di Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini.

Sementara, Sutaryo, Kepala Perum Bulog mengatakan, Pemkab Barsel menerima bantuan pangan dari pemerintah pusat melalui Badan Pangan Nasional () di tahun 2024 yang disalurkan melalui Bulog sebagai penyedia beras dan PT. POS sebagai transporter.

Untuk tahap pertama ini ada sebanyak 5.746 KK penerima manfaat yang tersebar di enam Kecamatan di wilayah Kabupaten setempat,” katanya.

Dijelaskan pemberian bantuan tersebut adalah upaya pemerintah dalam menjaga stabilitas pangan, khususnya untuk ketersediaan beras di masyarakat, sekaligus pengendalian dari dampak yang ditimbulkan karena inflasi.

Dengan adanya bantuan pangan ini, semoga dapat meringankan beban dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Barsel lebih baik lagi,” pungkasnya. (Lam)