Pemkab Barsel Persiapkan Beasiswa 25 Orang

, BUNTOKPemerintah Kabupaten Barito Selatan () sedang mempersiapkan bagi 10 orang kuliah gratis di Institut politeknik Yangzhou, China dan beasiswa kuliah gratis di Al-Azhar Kairo Mesir pada tahun 2024 ini.

Kita pada tahun ini memberikan beasiswa bagi 15 orang masyarakat untuk kuliah selama 4 tahun di Al-Azhar Kairo Mesir,” kata Penjabat (Pj) Bupati BarselDr. Deddy Winarwan, Rabu (31/1/2024).

Masih dikatakan Deddy Winarwan, selain beasiswa kuliah di Al-Azhar Kairo Mesir, pihaknya juga mempersiapkan beasiswa bagi 10 orang kuliah gratis di Institut politeknik Yangzhou, China. Selain ke luar negeri, Pemkab juga telah mempersiapkan sebanyak 75 orang kuliah di universitas yang ada di Indonesia.

Untuk syarat pertama mendapatkan beasiswa tersebut, mereka dari kalangan yang kurang mampu,” ucap Pj Barsel

Ditambahkan adapun tujuan dari beasiswa yang telah diprogramkan ini, semata-mata agar anak-anak dari kalangan kurang mampu bisa kuliah gratis yang dibiayai pemerintah kabupaten Barito Selatan. Sedangkan syarat kedua, yakni anak-anak dari kalangan kurang mampu harus memiliki prestasi di bidang akademik maupun d iluar bidang akademik.

Contohnya walaupun tidak berprestasi di bidang akademik, namun ada prestasi d iluar akademik misalnya Hafiz AlQuranbisa mengikuti seleksi mendapatkan beasiswa ini,” tambahnya.

Kalau berprestasi di bidang akademik itu misalnya mendapatkan rangking di sekolah, dan yang di luar akademik itu seperti hafiz  atau juara tingkat kabupaten bagi yang beragama Islam dan juara perparawi bagi yang beragama kristen dan seterusnya,” terangnya.

 
Selain itu, prestasi lainnya seperti juara dalam bidang dan juara lomba lainnya seperti juara lomba pidato bahasa yang pernah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Sedangkan syarat ketiganya untuk mendapatkan beasiswa itu dengan mengikuti seleksi atau tes yang dilaksanakan di Kabupaten dan apabila lulus, maka yang bersangkutan akan diberikan beasiswa,” pungkasnya. (lam)