Pemkab Barsel Dukung Simulasi KPU

, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan (), sangat mendukungan penuh terhadap kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara yang digelar KPU Barsel.

Saya atas nama pemkab Barsel sangat mendukung simulasi yang digelar KPU,” kata Penjabat (Pj) Bupati Barsel, Deddy Winarwan, Jumat (2/2/2024).

Masih dikatakan Deddy Winarwan kegiatan sosialisasi simulasi pemungutan dan penghitungan suara tersebut, sangat dilaksanakan langsung secara rill, dengan menggunakan Tempat Pemungutan Suara (TPS), petugas penyelenggara Pemilu seperti, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), masyarakat sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan pengawas TPS serta saksi.

Semua itu dilakukan secara riil di TPS 9 yang berada di wilayah Kelurahan Hilir Sper, Kecamatan Dusun Selatan,” ucap Pj Bupati Barsel.

Ditambahkan simulasi yang dilaksanakan itu merupakan gambaran realita yang akan terjadi di TPS 9 maupun TPS-TPS lainnya nanti pada saat pelaksanaannya, baik dimulai dari tahapan pendaftaran, pendataan, pencoblosan hingga penghitungan hasil suara di TPS. Kegiatan tersebut, penting dilaksanakan dalam rangka mematangkan kesiapan para penyelenggara Pemilu dalam pelaksanaannya nanti.

Dalam simulasi itu juga dibarengi dengan penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (SiRekap ) guna mendukung kinerja penyelenggaraan Pemilu 2024,” pungkasnya.(lam)