Pemkab Barsel Rapat SPBE untuk Smart City

Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Barito Selatan, Mario Aan

, – Dalam upaya terus mendorong kemajuan dan efisiensi dalam penyelenggaraan , maka Pemerintah Kabupaten () menggelar Rapat Koordinasi Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Persiapan Implementasi Smart City dan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral.

“Rapat itu bertujuan untuk mengidentifikasi pencapaian, kendala serta mempersiapkan langkah-langkah strategis guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” kata Pj. Bupati Barsel, H. Deddy Winarwan melalui Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Barito Selatan, Mario Aan, Minggu (25/2/2024).

Masih dikatakan Mario Aan berdasarkan hasil Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Tahun 2023 yang lalu Pemkab setempat meraih point sebesar 3,19 dengan predikat baik, yang mana pada tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Barito Selatan masih berada pada predikat cukup, dengan nilai 2,37 point.

“Pencapaian ini menempatkan kabupaten Barsel pada peringkat I di level Provinsi Kalimantan Tengah dalam implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE),” ucap Kadis Kominfo Barsel.

Ditambahkan, dalam kegiatan rapat koordinasi kali ini dibahas beberapa hal, diantaranya Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), tinjauan kinerja sistem yang sedang berjalan. Identifikasi perbaikan dan peningkatan yang diperlukan. Rencana pengembangan dan peningkatan keamanan data.

“Persiapan Implementasi Smart City antara lain, persiapan -proyek dimensi smart city yang telah direncanakan. Penentuan langkah-langkah implementasi. Keterlibatan masyarakat dalam proses implementasi,” tambahnya.

Sedangkan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral Pemerintah yakni tinjauan kualitas dan akurasi data statistik yang telah dihasilkan. Peningkatan metode pengumpulan dan analisis data. Penyusunan rencana aksi untuk meningkatkan penyelenggaraan statistik sektoral.

“Rapat ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk menciptakan inovasi dan efisiensi dalam penyelenggaraan pemerintahan, serta mempersiapkan Kabupaten Barito Selatan untuk menjadi lebih responsif terhadap tuntutan perkembangan zaman,” pungkasnya. (lam)