HUT ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tahun 2024

BALANGANEWS, SURABAYA – Memperingati sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam (Damkar) Republik Indonesia (RI) dengan tema besar peringatannya “Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Profesional, Rakyat Terlindungi”.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tahun 2024 Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (), Tito Karnavian.

Dalam arahannya Mendagri Tito Karnavian, dalam arahannya menyampaikan apresiasi kepada petugas dan relawan yang selalu melaksanakan tugas dengan baik, sehingga pemadam kebakaran bisa eksis hingga saat ini 105 tahun.

“Kerja keras memberi kepercayaan kepada rakyat di Negara demokrasi. Semangat terus berkarya harus terus berlangsung. Begitu banyak tugas Damkar diakui masyarakat bahkan penyelamatan non kebakaran,” katanya, Jum’at (1/2/2024).

berkomitmen untuk terus memperkuat Lembaga ini dan meminta Kepala Daerah menghitung kebutuhan yang akan diangkat untuk masuk sebagai maupun P3K, tentunya dengan memenuhi persyaratan kualifikasi.

Sementara itu Penjabat (Pj) Bupati , H. Deddy Winarwan mengatakan akan segera menindaklanjuti hal tersebut dengan melakukan pendataan kebutuhan jumlah petugas Damkar yang memenuhi kualifikasi untuk diusulkan menjadi P3K ataupun .

“Kita juga akan menginventarisir kebutuhan kendaraan operasional Damkar di Barsel apakah sudah sesuai dengan kebutuhan dan luas wilayah,” ucapnya, Sabtu (2/3/2024).

Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran (Damkar) Nasional Republik Indonesia ke-105 dihadiri oleh sejumlah pejabat Kemendagri, dan Bupati/Walikota se-indonesia serta para Kepala Dinas Damkar se-Indonesia. (lam)