Pemkab Barsel Safari Nyepi Kecamatan GBA

BALANGANEWS, Pelaksanaan Safari Nyepi merupakan agenda tetap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) () setiap tahunnya dalam rangka meningkatkan pembangunan spiritual umat beragama terutama bagi umat Kaharingan. Kali ini melaksanakan safari Nyepi ke Kecamatan Gunung Bintang Awai (GBA).

Pelaksanaan Safari Nyepi sama halnya juga safari bagi umat Kristen dan Safari Ramadan bagi umat Islam,” kata Pj. Bupati Barsel Dr. Deddy Winarwan melalui Kepala Dinas Perkimtan Barsel Bennie S Mahar saat membacakan sambutan , Rabu (6/3/2024).

Masih dikatakan Bennie S Mahar, melalui Nyepi Tahun Baru Saka 1946 ini, hendaknya memberikan inspirasi kepada kita untuk selalu menjaga keharmonisan hidup dalam menuju jalan kebahagiaan.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Barito Selatan menyampaikan ucapan “Selamat Merayakan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946 / 2024 M” kepada saudara-saudara yang beragama Hindu dengan Hari Suci Nyepi adalah sebagai sumber inspirasi untuk menata perbuatan, perkataan, dan pikiran menjadi Kaya Parisudha (tiga perbuatan yang suci dan bersih) semoga umat Hindu mampu mengendalikan dirinya sendiri dan menghindari perbuatan adharma (sifat kebatilan),” ucap Kadis Perkimtan Barsel.

Sementara itu Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Barsel I Wayan Budiartha saat menyampaikan Dharma Wacana mengatakan Perayaan Nyepi menjadi momen yang sangat baik untuk melakukan kontemplasi dan introspeksi diri mengenai tata laku yang telah dilakukan di tahun-tahun sebelumnya.

“Safari Nyepi Tahun Baru Saka 1946 dalam rangka menyambut Catur Brata Penyepian mengusung Tema “Sat Cit Ananda Untuk Indonesia Jaya” Tema ini memberikan makna bahwa Sat Cit Ananda adalah sumber dari semua kesadaran dan semua kesempurnaan untuk mencapai tujuan akhir dari perjalanan spiritual dalam agama Hindu. Kebahagiaan yang universal dalam ajaran agama Hindu, yaitu kita harus mementingkan kebahagiaan rohani agar Indonesia semakin jaya,” pungkasnya.(lam)