Sosialisasi Program Kerja Luar Negeri untuk Pelajar Barsel

, BUNTOK – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten (), bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (LPP) Enter Borneo mensosialisasikan tentang program kerja ke luar negeri kepada para pelajar di daerah setempat, yang berlangsung di Aula .

Untuk memberikan penjelasan dan pengetahuan tentang program tersebut kepada para pelajar, mengundang Direktur LPP Enter Borneo, Sigit Haryanto bersama jajarannya didampingi President AIC Co. Ltd, Mr. Katsunori Kobayashi yang didatangkan langsung dari Jepang.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Bidang Pelatihan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja, Sahala Junjungan Sitorus yang mewakili Plt. Kepala Disnakertans Barsel beserta jajarannya, Kepala Sekolah MAN Barsel, Kepala SMAN 1 Dusun Selatan, seluruh Ketua BKK dan Kepala Sekolah serta ratusan lebih siswa siswi SMKN se-Barsel.

Sigit Haryanto menerangkan, LPP Enter Borneo yang berkantor pusat di Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, adalah Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Berbasis Vokasi (LPPBV) dan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) dengan akreditasi A yang diberikan oleh Badan Akreditasi dan Pendidikan Non Formal (BAN-PNF) dari Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker).

“Kita juga telah menerima anugerah prestasi harapan II dalam ajang apresiasi LKP berprestasi tingkat nasional, dan mendapatkan anugerah prestasi juara 1 apresiasi sebagai LKP yang berprestasi tingkat Provinsi ,” katanya, Kamis (7/3/2024).

Masih dikatakan Sigit Haryanto, LPP Enter Borneo merupakan LKP bahasa asing khususnya bahasa Jepang telah bekerjasama dengan AIC perwakilan Indonesia Karir Jepang dan AIC Co. Ltd yang pada tahun lalu mempunyai program pelatihan baru yang diberi nama Specified Skilled Workers (pekerja berketerampilan khusus), dan program tersebut nantinya khusus mengantarkan para peserta untuk dapat bekerja dan berkarir keluar negeri terutama di negeri sakura Jepang.

“Untuk itu kita melakukan sosialisasi ini kepada para pelajar di Kabupaten Barsel untuk merekrut tenaga kerja lokal, sebab, siswa-siswi ini usianya masih produktif, siapa tau setelah mereka lulus nanti, mereka berminat mengikuti program pelatihan di LPP Enter Borneo dan berkesempatan untuk dapat bekerja ke Jepang,” ucapnya.

Sementara itu, Sahala Junjungan Sitorus saat membacakan sambutan Plt. Kepala Disnakertrans Barsel menyampaikan, di era sekarang keterampilan seseorang sangat diperlukan khususnya keahlian untuk mengisi pasar kerja yang begitu luas dan sangat ketat tidaklah mudah.

“Permasalahan yang sering dihadapi oleh pemerintah pusat, Provinsi maupun Kabupaten adalah persoalan peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) hingga dijadikan prioritas pembangunan nasional sebagaimana tercantum dalam RPJMN 2020-2024,” ujarnya.

Ditambahkan, salah satu isu faktual yang kerap mengemuka adalah terjadinya kesenjangan dan ketidaksesuaian keterampilan (skill gaps and mismatches) antara tenaga kerja yang dibutuhkan industri dengan tenaga kerja yang disiapkan oleh lembaga pendidikan maupun lembaga pelatihan.

“Merespon masalah itu, LPP Enter Borneo ikut mengambil peran dalam menyiapkan tenaga kerja yang kompeten dan siap bersaing dalam industri kerja dengan memberikan pelatihan yang baik serta maksimal hingga mereka benar-benar mampu menerapkan ilmu yang diterima selama proses pelatihan dengan baik,” tambahnya.

Ia mengatakan, melalui sosialisasi program Specified Skilled Workers (pekerja berketerampilan khusus) tersebut, LPP Enter Boneo ingin membantu pemerintah dalam meningkatkan SDM di Kalimantan Tengah khususnya di Kabupaten Barsel supaya semakin baik lagi kedepannya.

“Pemerintah daerah terutama kami Disnakertrans selalu siap mendukung program itu, dengan adanya sosialisasi ini diharapkan seluruh pelajar yang hadir diacara ini dapat mengikutinya dengan semangat dan menyimak dengan baik setiap pembahasan yang dipaparkan oleh mentor, agar mendapatkan informasi dan pengetahuan tentang program kerja dan berkarir ke Jepang ini,” pungkasnya. (lam)