Pelatihan Peningkatan Kapasitas PPL Barsel dalam Penyuluhan Pertanian

Kabid Penyuluhan pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Barito Selatan, Eka Wahyuni

, Sebanyak 98 Penyuluh Lapangan (PPL) di Barito Selatan () mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas komunikasi dan revitalisasi penyuluhan membangun pertanian.

“Pelatihan yang dilaksanakan ini untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi penyuluh pertanian yang ada di Barito Selatan,” kata Kabid Penyuluhan pada Dinas , Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Barito Selatan, Eka Wahyuni, Kamis (7/03/2024).

Masih dikatakan Eka Wahyuni, narasumber dalam pelatihan berasal dari Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kalimantan Tengah, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan (TPHP) Kalimantan Tengah serta dari Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang, Kalimantan Selatan. Pelatihan tersebut dilaksanakan selama dua hari, yakni 6-7 Maret 2024.

“Adapun penyuluh pertanian merupakan motivator yang membantu para , dalam mendapatkan informasi tentang cara mengolah hasil, memberi arahan cara mengolah lahan yang baik, serta cara menggunakan dan lainnya dalam bidang tersebut,” ucapnya.

Ditambahkan, itu dilakukan untuk membangkitkan dan mengoptimalkan sektor pertanian, sehingga produksi hasil pertanian di Barito Selatan ini bisa lebih meningkat lagi ke depannya.

PPL yang mengikuti pelatihan ini dapat menerapkan hasil dari kegiatan kepada kelompok tani maupun gabungan kelompok tani di wilayah kerja masing-masing.

“Melalui pelatihan yang dilaksanakan ini, diharapkan PPL terus berkontribusi agar hasil pertanian para petani di Barito Selatan ke depannya bisa terus meningkat,” pungkasnya. (lam)