Pemkab Barsel Sidak Pasar

BALANGANEWS, Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Dr. Deddy Winarwan melakukan sidak untuk mengetahui langsung baik ketersediaan barang kebutuhan pokok maupun harga di tingkat .

“Berdasarkan pantauan kami harga cenderung naik diantaranya minyak goreng curah, beras, gula, tepung, bawang merah, ikan dan ayam. Sementara daging sapi dan sayur-sayuran hijau masih stabil,” katanya, Jum’at (8/3/2024).

Masih dikatakan Deddy Winarwan, informasi dari pedagang, untuk minyak goreng curah cenderung naik namun stok di tingkat pedagang kosong, demikian pula dengan daging ayam potong pada tingkat distributor mengalami kenaikan namun dikarenakan rendahnya daya beli masyarakat sehingga para pedagang tidak menaikkan harga jual ayam.

“Tugas pemerintah daerah memantau dan menjaga stabilitas harga sembako menjelang hari-hari besar ,” ucap Pj Bupati Barsel.

Ditambahkan, dengan kondisi seperti ini Pemkab Barsel bekerjasama dengan pada hari Minggu tanggal 9 Maret nanti akan menggelar agar bisa mulai menstabilkan harga – harga yang mengalami kenaikan.

“Harga bahan pokok di pasaran tergantung permintaan dari masyarakat karena sesuai pasar jika permintaan banyak dan barang sedikit maka harga akan naik,” tambahnya.

Untuk itu kami mengimbau masyarakat tidak melakukan aksi borong. Karena apabila permintaan banyak dan barang kosong maka harganya akan naik dan susah mendapatkan barang.

Salah seorang pedagang sembako Pasar Beringin, H. Imis mengatakan harga berbagai jenis sembako mulai mengalami kenaikan beriringan dengan pembelian yang tidak mengalami peningkatan.

“Biasanya menjelang Idul Idul Fitri harganya bisa naik lagi, semoga kenaikan harga ini bisa ditekan sehingga seluruh harga bisa stabil,” jelas salah satu pedagang di pasar Plaza Buntok.

Ikut dalam Sidak tersebut Plh. Sekretaris Daerah Barsel (Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Barsel) Rahmat Nuryadin, Kepala Disperindagkop Barsel Swita Minarsih, Kepala DSPMD Barsel Selviryatmi, Plt. Kepala Diskominfo barsel Mario Aan, Plh. Kadis Kesehatan Barsel Endang Sugiarti, Plt. Kadis Dinakertrans Barsel Supian Arifin, Sekretaris BPKAD Barsel Adriansyah, Sekretaris PUPR Bilivsion, Sekretaris dan Damkar Setda Barsel Tuntung Tulus, Camat Dusun Selatan Evi Kusuma Wardhani, Lurah Buntok Kota Karunia Ardhi Trisnanto serta Lurah Hilir Sper Zulkarnain Masdipura. (lam)