Pemkab Barsel Diminta Pantau Harga Bahan Pokok

Anggota DPRD Barsel, Idariani

, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) (Barsel) diminta dapat terus melakukan pengawasan terhadap harga di pasar kota Buntok.

Pasalnya menjelang bulan suci Ramadhan 1445 H pastinya akan terjadi lonjakan terhadap harga-harga sejumlah bahan pokok di pasaran, sehingga perlu dilakukan pengawasan dan dipantau.

“Itu sebenarnya masalah yang setiap tahun terjadi, setiap menjelang hari besar pasti ada kenaikan harga pada sejumlah bahan pokok. Namun, yang pasti harus dipantau dan cari penyebabnya,” kata Anggota Barsel, Idariani, Sabtu (9/3/2024).

Masih dikatakan Idariani, seperti sekarang ini, sejumlah harga Bapok di pasaran sudah mulai merangkak naik, sehingga perlu dicarikan apa penyebab dari kenaikan harga itu, apakah stok terbatas, langka atau terkendala distribusi.

“Karena naiknya harga-harga itu bisa menyebabkan , jadi harus ditangani siapkan solusi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atau menekan kenaikan harga tersebut,” ucap Ketua DPD Demokrat Barsel.

Ditambahkan, guna menekan kenaikan harga atau inflasi Pemda setempat memang harus melakukan berbagai cara seperti pasar penyeimbang dan sebagainya, namun itu dinilai tidak terlalu signifikan dan persoalan naiknya harga tetap terjadi setiap tahun.

“Kalau saran kami Pemda harus bisa menciptakan kemandirian, misal gencar mengembangkan dan lain-lain, ini tentu untuk jangka panjang, sehingga kita tidak selalu bergantung dengan daerah lain,” tambahnya.

Kenaikan harga dan inflasi itu kalau menurut penilaian kami kebutuhan kita masih banyak didatangkan dari daerah lain, ketika ada kendala distribusi atau semacamnya maka mengakibatkan kelangkaan dan harga pun naik. Jadi daerah ini harus mandiri. (lam)