Pemkab Barsel Hadiri Rembuk Stunting

, BUNTOK – Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah (Kalteng), H. , yang sekaligus merupakan Ketua Tim Percepatan Penurunan (TPPS) Provinsi Kalteng, dalam sambutannya mengatakan Kegiatan ini hendaknya dapat memacu semangat kita.

Untuk menuntaskan visi dan misi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng terutama dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang cerdas, sehat dan berdaya saing, demi mewujudkan Kalteng Makin BERKAH.

Rembuk Stunting merupakan suatu forum untuk membangun komitmen bersama dalam percepatan stunting secara terintegrasi, yang dimulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten/kota, hingga provinsi.

“Dengan adanya kegiatan Rembuk Stunting ini, akan didapatkan informasi detail mengenai berbagai program dan juga kegiatan percepatan penurunan Stunting yang akan dilakukan di masing-masing kabupaten/kota dan hal yang tidak kalah penting yaitu pernyataan komitmen bersama pemerintah daerah dan perangkat daerah terkait, untuk mengimplementasikan semua program kegiatan, termasuk realisasi tagging anggaran stunting yang akan dimuat dalam RKPD dan Renja perangkat daerah masing-masing,” katanya.

Sementara itu Penjabat (Pj) Bupati Barsel melalui Asisten dan Kesra Setda Barsel Yoga Prasetyanto Utomo mengatakan dengan digelarnya acara tersebut, pihaknya berharap bisa membangun komitmen publik serta seluruh stakeholder terkait dalam kegiatan penurunan stunting secara terintegrasi di Barsel menuju zero stunting dan di Kalteng pada umumnya.

“Dengan harapan Barsel bisa zero stunting, tidak ada lagi anak-anak yang menderita stunting. Maka dengan adanya Rembuk Stunting ini, mari kita bangun kualitas generasi-generasi yang luar biasa,” katanya, Senin (27/5/2024).

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan Penandatangan Komitmen Bersama Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/ Kota se-Kalteng terkait Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Provinsi Kalteng, diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Yoga Prasetyanto Utomo dan Ketua TP. PKK Kab. Barsel Hj. Erna Ardiani Palupi.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan pada penilaian kinerja Delapan Aksi Konvergensi dan Pameran Inovasi Stunting.

Turut hadir Sekretaris Utama RI Tavip Agus Rayanto, Ketua TP-PKK Provinsi Kalteng , Ketua I TP-PKK Kalteng Bidang Pembina Karakter Nunu Andriani Edy Pratowo, Bupati, Pj. Bupati dan Pj. Wali Kota se-Kalteng, Para Kepala Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal Provinsi Kalteng, Kepala Bappedalitbang Kabupaten/ Kota se-Kalteng, Satgas Stunting Provinsi Kalteng, Ketua TP PKK dan seluruh jajaran TPPS Kabupaten/Kota se-Kalteng. (lam)