Gelar Rakor Pemerintahan Desa Sekaligus Penandatanganan MoU dengan Kejari

BALANGANEWS, gelar rapat koordinasi desa se Kabupaten tahun 2024 sekaligus Penandatanganan Memorandum of Understanding dengan Kejaksaan Negeri Barito Selatan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di gedung pertemuan umum Jaro Pirarahan Buntok.

Dalam hal ini Penjabat (Pj) Bupati , Dr. Deddy Wianarwan mengatakan rapat koordinasi pemerintahan desa dan ditindaklanjuti dengan MoU antara Kejaksaan Negeri Barito Selatan dengan Pemerintah Kabupaten Barito Selatan dalam hai ini Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Barito Selatan. Tentu saja hal ini tindak lanjut dari MoU sebelumnya sebagai payung hukum kita yaitu MoU antara Kejaksaan Agung, Mabes Polri dan Kementerian Dalam Negeri.

“Dengan adanya MoU ini pengelolaan keuangan pemerintahan desa akan mendapatkan pendampingan hukum dari kejaksaan Barsel dan kita berharap dengan adanya pendampingan ini seluruh kepala desa dan perangkat desa di Kabupaten Barito Selatan dapat mengendalikan pengelolaan keuangan desa sesuai aturan dan tidak melanggar hukum,” katanya, Jum’at (19/7/2024).

Masih dikatakan Deddy Winarwan dengan adanya Mou ini dapat memberikan dampak maksimal untuk perbaikan pelayanan publik maupun meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kemudian juga tadi telah memberikan penghargaan teknologi tepat guna (TTG) bagi juara lomba bagi anak-anak didik kita.

“Tentu saja kegiatan ini untuk terus mendorong agar anak-anak didik kita berinovasi berkreasi terkait dengan teknologi tepat guna yang pada saatnya nanti bisa kita ikut sertakan pada lomba di tingkat dan bisa bermanfaat bagi masyarakat,” ucap .

Sementara itu Kajari Barito Selatan Dr. Dino mengatakan, terkait MoU khususnya terkait dengan bidang perdata dan tata usaha negara, terkait permasalahan permasalahan hukum khususnya bidang perdata dan tata usaha negara.

Kami secara spesifik tadi juga menekankan khususnya terkait pendampingan pengelolaan desa di kabupaten Barito Selatan.

“Sehingga nanti dalam pelaksanaannya pengelolaan dana desa dapat tepat sasaran dan tidak ada penyimpangan,” pungkasnya. (lam)