Pemkab Barsel FGD Pembahasan Draf Final Ranperda Tentang Pengelolaan Perikanan Darat

, – Dinas , dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten (Barsel) kembali menggelar Focus Group Discussion () pembahasan draf final Rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang pengelolaan perikanan darat di Aula Sekretariat Daerah (Setda) Barito Selatan.

Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan, H. Deddy Winarwan melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Rahmat Nuryadin saat membuka kegiatan tersebut mengatakan pembahasan draf Raperda merupakan langkah penting dalam pengelolaan potensi perairan darat yang dimiliki oleh Kabupaten Barito Selatan.

“Kabupaten Barito Selatan dikenal dengan kekayaan sumber daya alam terutama dalam bidang perikanan perairan darat dengan wilayah perairan yang luas dan beragam termasuk sungai dan rawa. Dengan potensi yang luar biasa untuk dikembangkan, harus dikelola dengan bijaksana agar dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi kesejahteraan rakyat,” katanya, Minggu (21/7/2024).

Dijelaskan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tim Ifish FAO atas perhatian dan dukungannya terhadap pengelolaan sumber daya perairan darat di Kabupaten Barito Selatan. Proyek Ifish ini merupakan kerjasama antara Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan and Agriculture Organization (FAO) Indonesia didukung dana dari Global Environment Facility (GEF).

“Dukungan dan bimbingan yang diberikan oleh tim Ifish telah memberikan dampak positif yang signifikan, termasuk peningkatan kapasitas dan pengetahuan masyarakat serta para pelaku usaha perikanan dalam mengelola sumber daya perikanan dengan lebih baik dan berkelanjutan,” jelasnya.

Ditambahkan perhatian tim Ifish FAO juga membantu dalam menjaga keseimbangan ekosistem perairan dan peningkatan ketahanan serta ekonomi lokal. Diharapkan Pemkab dapat menyiapkan kegiatan untuk meneruskan pengelolaan perairan darat ini sehingga manfaat yang telah kita peroleh dapat terus berkelanjutan dan berkembang.

“Dengan dukungan semua pihak kita dapat memastikan bahwa sumber daya perairan darat ini dikelola dengan baik untuk generasi sekarang dan masa depan,” pungkasnya. (lam)