Wagub Kalteng: Pembangunan RTH Bundaran Besar Berlanjut

Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo

BALANGANEWS, – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah () melanjutkan pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) di kawasan Bundaran Besar Palangka Raya.

Pembangunan RTH ini merupakan bagian dari upaya mempercantik Kota Palangka Raya, yang merupakan Ibukota Provinsi Kalimantan Tengah.

Wakil , H. Edy Pratowo, menyatakan bahwa pemerintah provinsi telah memperoleh legal opinion atau dasar terkait pemanfaatan lahan untuk pembangunan RTH Kawasan Bundaran Besar.

“Untuk RTH pembangunannya tetap dilanjutkan dan dalam waktu dekat ini akan segera dimulai proyeknya,” ujarnya baru-baru ini.

Edy Pratowo menjelaskan, bahwa masalah Gedung Eks Provinsi Kalteng, yang disebut-sebut sebagai Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB), tidak menghambat rencana Pemprov untuk melanjutkan pembangunan RTH di kawasan tersebut.

“Pihak kementerian sudah menyelesaikan masalah ini dan menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah daerah. Sehingga pembangunan RTH dapat kita lanjutkan,” jelasnya.

Wakil Gubernur Kalteng juga menekankan bahwa keberadaan RTH Kawasan Bundaran Besar akan memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Selain itu, penataan kawasan tersebut juga diharapkan menarik banyak untuk daerah.

“Diharapkan bahwa pembangunan RTH ini dapat menjadi langkah positif bagi pemerintah dalam menjaga keseimbangan alam dan menghadirkan alternatif ruang terbuka hijau bagi masyarakat, sambil tetap menghargai nilai-nilai budaya,” tandasnya.

ini tidak hanya bertujuan untuk memperindah kota, tetapi juga untuk menciptakan ruang hijau yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk rekreasi dan aktivitas lainnya, sambil menjaga keseimbangan ekosistem kota. (asp)