DPRD Barsel Imbau BPD Tingkatkan Pengawasan dalam Proses Pembangunan Desa

, – Wakil Ketua II Hj. Enung mengimbau kepada Badan Permusyawaratan Desa () untuk meningkatkan pengawasan dalam proses di desa.

“Hal ini bertujuan agar pembangunan dapat dilaksanakan dengan tepat sasaran dan sesuai dengan hasil musyawarah desa,” kata Enung Irawati Senin (12/8/2024).

Menurutnya, peran BPD sangat krusial dalam memastikan bahwa setiap pembangunan yang dilaksanakan di desa berjalan sesuai dengan rencana yang telah disepakati bersama warga melalui musyawarah desa.

Dikatakan, pengawasan yang efektif oleh BPD diharapkan dapat mencegah terjadinya penyimpangan dan memastikan transparansi dalam penggunaan .

“Pengawasan yang dilakukan oleh BPD yaitu berupa monitoring dan evaluasi (monev) terhadap perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan,” katanya.

Ia juga menekankan pentingnya kerja sama antara BPD, pemerintah desa, dan masyarakat untuk menciptakan sinergi yang baik dalam pembangunan desa.

“Dengan pengawasan yang ketat dan partisipasi aktif dari semua pihak, kita dapat memastikan pembangunan desa yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi seluruh warga,” pungkasnya.(lam)