Bimtek untuk Kades KPM Terus Dilaksanakan

BALANGANEWS, Kalangan Barsel mengatakan, bimtek serta pelatihan bagi Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) adalah anggota masyarakat desa dan kelurahan yang memiliki pengetahuan, kemauan, kemampuan untuk menggerakkan masyarakat berpartisipasi dalam pemberdayaan masyarakat dan pembangunan.

Pasalnya, kemampuan memberdayakan masyarakat memang tidak sama akibat dipengaruhi oleh perbedaan tingkat pengetahuan dan keterampilan atau tingkat peluang serta kemudahan yang ada.

“Bahkan hal tersebut merupakan daya yang harus dimiliki oleh setiap warga atau kelompok masyarakat agar dapat mampu dan mandiri dalam mempertahankan dan meningkatkan taraf kehidupan,” ungkap Sudiarto, Selasa, (13/8/2024).

Politisi dari PAN Barsel itu menegaskan, pemberdayaan masyarakat merupakan upaya dalam mempertahankan dan meningkatkan kehidupan serta mendayagunakan segala potensi dan sumberdaya yang dimiliki serta yang ada di sekitar wilayah tersebut.

“Maka untuk itu memberdayakan masyarakat dapat dilaksanakan melalui sebuah bimbingan teknis (Bimtek) bagi para kader masyarakat dan dilaksanakan melalui Satuan Organisasi (SOPD) terkait,” ungkapnya.

Pasalnya, kata dia, dengan demikian, diharapkan dapat membantu dalam memperoleh serta memanfaatkan hak mereka untuk meningkatkan kehidupan , dan .

Dan untuk sasaran pemberdayaan masyarakat, kata wakil rakyat itu, sudah tentu pemberdayaan yang partisipatif, pengelolaan pembangunan dan tata yang baik di tingkat desa/kelurahan mencakup empat bidang program, yaitu bidang ekonomi, sosial, budaya, politik, dan hidup.

“Pada hakekatnya pemberdayaan masyarakat adalah membangun manusia yang hidup dalam lingkungan desa/kelurahan yang dilakukan dengan memanfaatkan potensi/sumberdaya yang dimiliki dengan dukungan dari dalam dan luar lingkungan, yang dilakukan dengan semangat kebersamaan dan rasa senasib sepenanggungan serta saling memiliki,” pungkasnya. (lam)