Disdukcapil Barsel Launching Inovasi Pelayanan ‘Balita Emas’

, – Asisten I Setda () Yoga P Utomo S.STP. MM menyebutkan Inovasi Pelayanan Balita Emas ( Lahir Dapat Akta di Rumah Sakit, Pustu dan Puskesmas) tingkatkan kepemilikan akta kelahiran.

Hal tersebut disampaikan Yoga P Utomo saat launching inovasi pelayanan balita emas yang dilaksanakan Barito Selatan, di Balai Kecamatan Dusun Selatan akhir pekan lalu.

Dalam launching tersebu, Asisten I Setda Barito Selatan didampingi kepala Disdukcapil Drs Sabirin, M.Si serta dihadiri Tim Efektif Aksi Perubahan Inovasi Balita Emas, perwakilan pejabat dan staf dari RSUD Jaraga Sasameh serta dari Puskesmas Desa Baru.

Yoga P Utomo juga mengapresiasi pelaksanaan aksi perubahan inovasi ‘Balita Emas’ yang dilaksanakan oleh peserta PKA angkatan I tahun 2024.

“Inovasi ini sebagai salah satu upaya meningkatkan kepemilikan akta kelahiran, serta inovasi pelayanan publik yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” katanya, Jum’at (30/8/2024).

Ia menyampaikan inovasi Balita Emas ini manfaatnya bagi ibu-ibu yang melahirkan di RSUD Jaraga Sasameh menjadi sangat terbantu tanpa harus repot mengurus sendiri Akta Kelahiran anaknya ke Disdukcapil.

Karena langsung difasilitasi oleh pihak rumah sakit yang telah bekerja sama dengan pihak Disdukcapil.

Selain itu juga, lanjut dia, dengan adanya inovasi ini otomatis akan lebih meningkatkan capaian kepemilikan Akta Kelahiran.

“Kita berharap inovasi ini bisa terus berlanjut dan diterapkan, sehingga inovasi Balita Emas ini betul-betul memberikan kontribusi untuk terwujudnya Generasi Emas di Barito Selatan,” pungkasnya. (lam)